Diskominfo Depok Dampingi Kecamatan Sawangan Selesaikan Sengketa Informasi dengan KIP Jabar

0
63

www.depoktren.com–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok memberikan pendampingan ke Kecamatan Sawangan dalam menyelesaikan sengketa informasi publik yang sedang dihadapi. Penyelesaian sengketa tersebut, ditinjau langsung oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat (Jabar).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Diskominfo Kota Depok, Nasrudin mengatakan, sebagai pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) utama, pihaknya memiliki peran untuk memberikan informasi ke setiap Perangkat Daerah (PD). Termasuk mendampingi PPID pembantu di tingkat kecamatan.

“Kali ini ada penyelesaian sengketa di Kecamatan Sawangan, maka kami turut mendampingi KIP Jabar dalam melakukan peninjauan. Kami akan sigap memberikan informasi yang ada atau data tidak dikecualikan, selama informasi yang diminta ada di dalam kuasa kami,” ujar Nasrudin di Kantor Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Selasa (18/2/2020).

Camat Sawangan, Herry Restu Gumelar mengatakan, peninjauan KIP Jabar ke Kecamatan Sawangan diharapkan sengketa informasi dapat segera terselesaikan dengan pihak termohon yang melaporkan ke KIP Jabar. “Selama ini kami di kecamatan selalu melakukan keterbukaan informasi. Namun, kali ini informasi tersebut tidak kami kuasai sehingga membuat termohon kecewa dan melaporkan ke KIP. Harapan kami dengan KIP, bisa melakukan penyelesaian terkait sengketa ini informasi ini,” harapnya.

Ketua KIP Jabar, Ijang Faisal menuturkan, kehadiran pihaknya di Kecamatan Sawangan merupakan tindak lanjut dari penyelesaian sengketa informasi publik. Dalam mengambil keputusan, pihaknya harus melakukan peninjauan terlebih dahulu terkait pokok permasalahan yang dihadapi.

“Dalam tinjauan ini, kami melakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang diminta pemohon. Dokumen itu memang tidak dikuasai oleh Kecamatan Sawangan. Ke depan kami akan menggelar sidang kembali,” tuturnya. (Papi Ipul/Rus)

 63 total views

LEAVE A REPLY