Baru Pada 2023, Pelebaran Jalan Raya Sawangan akan Dilaksanakan

0
190

www.depoktren.com–Atasi kemacetan yang semakin parah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok memastikan baru pada 2023 akan dilaksanakan pelebaran Jalan Raya Sawangan. Pelaksanaan pembebasan lahan dan pembangunan jalan nasional tersebut akan dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kok lama banget ya, kenapa baru sibuk sekarang mikirin pelebaran Jalan Raya Sawangan? “Desakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk segera dilebarkan Jalan Raya Sawangan direspon positif Kementetian PUPR,” ujar Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana di Balai Kota Depok, Kamis (20/2).

Menurut Dadang, saat menggelar rapat analisa dampak lingkungan Tol Depon-Antasari (Desari) Seksi II terungkap bahwa ditargetkan pada 2023 pelebaran Jalan Raya Sawangan akan mulai dari Simpang Kodim hingga Simpang Parung Bingung.

“Namun, untuk jangka pendek saat ini pelebaran Jalan Raya Sawangan akan dilaksanakan pada pertengahan 2020 hanya sekitar 300 meter ke timur dan 300 meter ke barat dari on off ramp Sawangan Tol Desari. Saat ini sedang diintervensi pengembang dengan dilengkapi U-Turn dan APILL,” paparnya.

Direktur Lalu Lintas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian PUPR, Zamrides mendukung dilakukan pelebaran Jalan Raya Sawangan. “Memang sudah dikaji secara konprehensif oleh konsultan, nantinya BPTJ juga akan melengkapi APILL yang dibutuhkan sesuai kewenangan BPTJ,” ungkapnya.

Pemkot Depok mendesak Kementerian PUPR untuk melakukan pelebaran Jalan Raya Sawangan terlebih dahulu sebelum dioperasikannya Gerbang Tol Desari di Sawangan.

“Informasi awal akan dioperasikan tahun ini, kami minta ada semacam persiapan dan antisipasi gangguan lalu lintas. Mereka harus action diantaranya melakukan pelebaran jalan dari fly over tol ke arah timur tepatnya simpang Kodim dan ke arah barat hingga Parung Bingung,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idirs. (Papi Ipul)

 190 total views

LEAVE A REPLY