60 Balita di Posyandu Anggrek Depok Jaya Sudah Diberi Vitamin A

0
81

www.depoktren.com–Sebanyak 60 balita mendapatkan vitamin A di Posyandu Anggrek RW 04, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK RW 04, Andriana di Kantor Kelurahan Depok Jaya, Senin (24/2/2020).

Dia menuturkan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan balita yang ada di RW 04, sekaligus mencegah penyakit stunting. “Sebanyak 56 balita usia satu tahun sampai dengan lima tahun mendapat vitamin A warna merah, dan empat anak balita usia enam bulan sampai dengan satu tahun mendapat vitamin A warna biru,” tutur Andriana.

Menurut Andriana, pemberian vitamin A dianjurkan saat anak dalam keadaan sehat. Jika anak dalam keadaan sakit, vitamin A yang diberikan tidak akan bekerja di dalam tubuh, karena kerja vitamin A itu berhubungan dengan kekebalan tubuh anak. “Pemberian vitamin A memang dibuat untuk anak yang dalam keadaan sehat,” terangnya.

Dia menambahkan, kepada para ibu yang ada di wilayah RW 4 untuk menjaga kesehatan anak. Dimana, kondisi lingkungan rumah berdampak pada kesehatan anak. “Kondisi si ibu juga perlu diperhatikan, karena asupan ASI ibu juga berpengaruh pada metabolisme tubuh anak,” tutur Andriana.

Dia menjelaskan, setiap pertemuan ia mengingatkan kepada kader-kadernya untuk terus menyosialisasikan ke RT masing-masing, mengenai pembahasan pertemuan. Khususnya kesehatan pada anak. “Jadi, ketika ibu yang mempunyai balita tersebut tidak hadir saat pertemuan PKK maupun Posyandu, kami masih bisa memantau bagaimana pertumbuhan atau kondisi si anak melalui para kader,” pungkas Andriana.

Lurah Depok Jaya, Herman mengatakan Posyandu Anggrek RW4 merupakan kunjungan yang ke 7 dari 14 Posyandu yang ada di Kelurahan Depok Jaya.

“Kami memang menyesuaikan jadwal Posyandu, jadi ini merupakan kegiatan rutin Posyandu, khususnya pemberian vitamin A yang memang diadakan setahun dua kali di bulan Februari dan Agustus di seluruh Posyandu di Kota Depok, dimana jadwalnya sudah diatur oleh Puskesmas setempat,” ungkapnya.

Dia mengharapkan, pemberian vitamin A untuk anak-anak usia balita di wilayah Kelurahan Depok Jaya bisa tercegah dari stunting. “Saya imbau kepada masyarakat agar berpola hidup sehat, demi generasi di lingkungan masyarakat terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular,” pungkas Herman. (Papi Ipul)

 81 total views

LEAVE A REPLY