Davina, Bocah Hidrosefalus Butuh Bantuan, Dinkes Depok Cuek

0
144

www.depoktren.com–Davina (9) anak dari pasangan Yudi dan Wiwin mengidap penyakit Hidrosefalus (pembengkakan pada kepala) saat ini hanya terbaring kaku dirumahnya.

Davina butuh bantuan dana dari dermawan untuk mengobati penyakitnya. Orang tua Davina termasuk keluarga tak mampu yang berdomisili di Jalan Lembah Indah, RT. 01, RW, 02, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkesan cuek dan tak pernah menyetuh penanganan penyakit Devina yang menderita Hidrosefalus sejak umur dua bulan.

“Saya sangat berharap anak saya ini sembuh. Semoga Pemkot Depok maupun dermawan bisa membatu untuk biaya kesembuhan Davina. Hingga saat ini tidak pernah mendapat perhatian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Depok,” ujar ayah Davina, Mohammad Yudi (32) saat ditemui sejumlah wartawan dirumahnya, Rabu (26/2).

Yudi mengutarakan, Davina divonis menderita Hidrosefalus sejak umur dua bulan, awalnya ia lahir dalam kondisi normal. Diumur empat bulan sudah pernah di operasi di salah satu rumah sakit di Jakarta.

“Devina dapat perawatan dengan dimasukin selang dari atas kepala sampai perut untuk dibuang cairan dikepala. Usai di operasi tidak ada perubahan bahkan saat ini kondisi Devina semakin memprihatinkan,” tuturnya.

Setelah itu, lanjut Yudi, karena terkendala biaya, Davina tidak pernah lagi mendapatkan perawatan medis. “Saya sudah upayakan penaganan medis dengan BPJS Kesehatan tapi prosesnya lama dan susah,” terangnya.

Dia mengungkapkan, sebenarnya pernah Wali Kota Depok yang saat itu masih menjabat Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris berkunjung melihat, bahkan mengendong Devina dan di foto-foto. “Beliau kala itu mengingatkan untuk terus melakukan pemeriksaan secara rutin, memperhatikan pola makan anaknya, dan melakukan penimbangan berat badan setiap saat,” pesan Idris.

Tak hanya itu, Idris mengatakan bahwa Pemkot Depok akan membantu dari segi fasilitas, seperti pelayanan Jamkesda atau BPJS, agar Davina dapat sembuh total. “Penyakit ini dapat sembuh, tentunya harus rutin kontrol ke dokter,” ucapnya.

Wakil Direktur Medis RS Hermina Kota Depok, Dr Tantiyo Setiyowati, MH.Kes menjelaskan, penyakit hidrosefalus adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak (cairan serebro spinal) atau akumulasi cairan cerebrospinal dalam ruang ventikel otak. Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital.

“Bagi penderita penyakit ini terlihat kepala membesar, mata melihat kebawah, mudah terstimulasi, lemah, kemampuan makan berkurang. Bisa menggunakan BPJS Kesehatan. RS Hermina Depok siap tanggani dan datangkan dokter ahli,” jelasnya. (Papi Ipul/Siska)

 144 total views

LEAVE A REPLY