Alhamdulillah, Dinkes Depok Akhirnya Terjun Langsung Dampingi Anak Hedrosefalus

0
43

www.depoktren.com–Alhamdulillah, setelah diberitakan depoktren.com, Rabu (26/2/2020), akhirnya Davina Savania, anak usia 9 tahun penderita Hedrosefalus yang tinggal di Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok mendapatkan pendampingan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk proses perawatan.

“Sudah kami dampingi dan bantu pengobatan. Kami akan pantau secara rutin oleh petugas Puskesmas,” ujar Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina, Kamis (27/2/2020).

Rani menuturkan, Dinkes telah menjadikan Davina sebagai peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran. Dengan begitu, imbuhnya, dalam mengakses pelayanan kesehatan dapat menggunakan BPJS Kesehatan secara gratis.

Davina juga diberikan kemudahan dalam menggunakan ambulans Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan rutin di faskes kesehatan. Selanjutnya, petugas kesehatan Puskesmas rutin memberikan pemberian makanan tambahan (PMT) berupa susu dan biskuit.

“Petugas kesehatan kami rutin memantau perkembangan kesehatan Davina dan memberikan PMT sebagai asupan tambahan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Hidrosefalus adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak (cairan serebro spinal) atau akumulasi cairan serebrospinal dalam ventrikel serebral, ruang subarachnoid, atau ruang subdural. Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital. Bagi penderita penyakit ini terlihat kepala membesar, mata melihat ke bawah, mudah terstimulasi, lemah, kemampuan makan berkurang. (Papi Ipul/Siska)

43 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY