Depok Belum Keluarkan KLB Virus Corona

0
66

www.depoktren.com–Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemekes) sudah menggeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait status Kondisi Luar Biasa (KLB) wabah virus corona yang telah menjangkit dua orang warga Kota Depok. Keduanya dinyatakan positif terkena virus corona dan saat ini sedang dirawat serta diisolasi di RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Saya dapat informasi sudah dikeluarkan SK Kemenkes dan kami juga akan segera menggeluarkan SK KLB virus corona. Jika sesuatu penyakit yang sebelumnya tidak ada kemudian ada walaupun cuman satu pasien itu bisa dikeluarkan status KLB,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono di Balai Kota Depok, Kamis (5/3/2020).

Dia mengutarakan, status KLB wabah virus corona dasarnya telah jatuh dua warga Kota Depok yang sudah dinyatakan positif terkena virus corona. “Ada faktornya, dua warga positif terkena virus corona. Itu ya berarti sudah kejadian, karena berarti benar-benar ada kecuali kalau belum positif,” tegas Hardiono.

Menurut Hardiono, dengan status KLB virus corona diharapkan dapat mengantisipasi dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona. Selain itu juga dibutuhkan pembiayaan.

“Dengan KLB penanganannya lebih cepat, terarah dan tepat sasaran. Sosialisasi dan pencegahan penyebaran virus corona dapat segera tersampaikan ke masyarakat dan mengajak masyarakat selalu waspada,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, selain itu, dengan KLB dapat menggunakan dana untuk pembiayaan dari anggaran APBD Kota Depok. Apalagi, BPJS Kesehatan tidak bisa mengcover pasien virus corona. “Bisa menggunakan dana emergency dari APBD untuk mengatasi pembiayaan ketiga kegiatan yakni mewaspadai, mencegah dan mengatasinya serta penggunaan anggaran pembiayaan,” ungkap Hardiono. (Papi Ipul)

 66 total views

LEAVE A REPLY