Cegah Penularan Corona, Depok Instruksikan Perusahaan Terapkan PHBS

0
85

www.depoktren.com– Upaya mencegah penularan virus Corona (Covid-19), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mengimbau seluruh perusahaan agar menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan tindakan antisipasi pencegahannya, seperti melakukan penyemprotan disinfectant, pembersihan benda-benda yang sering digunakan, seperti pembersihan gagang pintu, tombol lift, pegangangan eskalator, pegangan tangga dan toilet.

“Kami juga pihak perusahaan agar secara rutin cek kesehatan karyawannya. Selain itu kami juga imbau untuk lakukan sosialisasi PHBS dan menyediakan hand sanitizer serta masker yang digunakan jika ada karyawan yang sakit,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, Minggu (8/3/2020).

Dia menambahkan, pihaknya juga akan terus memantau perusahaan-perusahaan dalam pencegahan wabah virus Corona sehingga berjalan efektif.

“Ini merupakan upaya bersama mencegah wabah virus Corona. Untuk itu, kami instruksikan seluruh perusahaan, baik yang bergerak di bidang manufaktur, garment, hotel, pusat perbelanjaan maupun rumah sakit agar senantiasa menjaga suasana lingkungan yang sehat,” tuturnya.

Menurut Manto, pihaknya juga mengimbau perusahaan agar terus menerus mengkampanyekan PHBS melalui penyuluhan dan sosialisasi dengan brosur dan pamflet. “Kami sangat apresiasi bagi perusahaan yang telah melaksanakan imbauan tersebut,” tegasnya.

Kepala Bagian Umum Rumah Sakit Permata Depok, Agustin mengatakan, pihaknya telah menjalani imbauan tersebut sebagai, upaya pencegahan virus Corona yang dilakukan lebih intensif.

“Kami juga melakukan screening kepada pengunjung di setiap pintu masuk. Selain itu, bagi pengunjung yang berasal daerah terpapar atau sedang menderita batuk dan flu akan diberi masker serta diarahkan ke ruangan yang telah ditentukan. Hand sanitizer juga sudah tersedia serta pamflet edukasi, ungkapnya.

PR Manager The Margo Hotel Depok, Kartika Sekartaji mengatakan, untuk kenyamanan, pihaknya sudahbmelakukan upaya preventif dengan memperketat prosedur pengecekan kesehatan bagi karyawan.

“Ketika hendak masuk area hotel, seluruh karyawan diperiksa suhu tubuh. Pihaknya juga menyediakan hand sanitizer dan sabun di sejumlah titik di hotel. Semua tamu bisa pakai fasilitas tersebut. Kalau memang insecure kita sediakan masker dan gloves,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Kartika, pihaknya juga menyediakan tim medis atau klinik internal. Jika ada yang merasa kurang sehat bisa memeriksa pada tim medis. “Sejauh ini tidak ditemukan yang mengalami demam tinggi,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 85 total views

LEAVE A REPLY