Festival Belimbing Depok, Jenis Dewa Jadi Primadona

0
82

www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok menggelar acara Festival Belimbing Depok sekaligus Promosi Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura 2020 di halaman Balai Kota Depok, Selasa (10/3/2020).

Dalam acara tersebut dibagikan buah belimbing sebanyak 1,5 ton secara gratis bagi pengunjung yang datang. “Kami akan terus melestarikan produk pertanian khususnya di Kota Depok, salah satunya adalah belimbing dewa yang menjadi andalan dan ikon Kota Depok,” ujar Kepala DKP3 Kota Depok, Diah Sadiah.

Diah mengutarakan, dalam festival ini, dimeriahkan juga dengan berbagai lomba, antara lain lomba pameran Belimbing Dewa yang diikuti 40 perserta dan lomba membagikan Belimbing gratis kepada pengunjung.

“Buah Belimbing Dewa khas Kota Depok memiliki keunggulan istimewa. Untuk itu, kami adakan lomba dan bagi-bagi buah Belimbing gratis yang tujuannya tetap sama untuk mengenalkan buah tersebut kepada masyarakat,” terangnya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan produk yang dihasilkan oleh petani Belimbing di Kota Depok adalah produk yang berkualitas.

“Jadi, Insya Allah, kita berkomitmen untuk terus melestarikan produk-produk pertanian di Kota Depok dengan berbagai cara. Salah satu produk unggulan pertanian yakni Belimbing Dewa,” terangnya.

Idris mengungkapkan, meskipun masih terkendala dengan keterbatasan lahan pertanian. Namun, pihaknya akan berupaya untuk bisa memiliki lahan pertanian yang tidak bisa diganggu gugat.

“Jadi, para petani Belimbing yang ada memang sudah sejak lama di wilayah, asalnya menjadi pusat pertanian Belimbing, seperti di wilayah Kelapa Dua, Cimanggis. Namun ada juga beberapa petani yang sudah merubah lahannya dengan disewakan ke pihak lain,” ungkapnya.

Menurut Idris, dengan adanya Festival Belimbing, ini merupakan salah satu cara agar para pembudidaya Belimbing di Kota Depok tetap memiliki semangat dan harapan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan adanya festival ini, produk unggulan Belimbing Dewa akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Pertanian Belimbing Dewa ini sekarang hampir tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok,” tuturnya.

Dia berharap, bahwa dengan adanya Festival Belimbing ini dapat memajukan pertanian di Kota Depok, khususnya komoditas Belimbing.

“Budidaya Belimbing dapat menjadi produk yang tidak hanya mengharumkan nama Kota Depok saja, tetapi juga mampu memberikan dampak ekonomi kepada para pelaku usaha pertanian,” pungkas Idris. (Papi Ipul)

 82 total views

LEAVE A REPLY