Poin Penting Update Virus Corona Covid-19

0
17

Tetap melaksanakan upaya menjaga jarak saat kita melakukan kontak sosial. Jangan kurang dari 1 meter, ini penting.

Hindari kerumunan, hindari pertemuan banyak orang yang membuka peluang penularan penyakit.

Kelompok usia muda lebih baik daya tahan daripada usia lanjut. Tapi usia muda bisa terkena dan tanpa gejala. Problem ini menjadi mendasar dan menyebabkan penyebaran semakin cepat.

Patuhi himbauan dari pemerintah untuk di rumah dan sebisa mungkin tidak keluar dari rumah.

Pemerintah berupa melakukan pengendalian, contohnya Rapid Test sudah kita lakukan di beberapa kecamatan di Jakarta Selatan kemarin sore. Sudah dua ribu kita lakukan tes sampai hari ini. Dan akan kita lakukan di seluruh Indonesia dengan tracking pasien positif virus Corona, kita lacak anggota keluarganya dan teman kerjanya.

Hasil negatif rapid test tidak memberikan jaminan dia tidak sakit. Respon serology dan imunitas belum muncul. Ini biasanya yang terinfeksi di bawah 6 atau 7 hari. Meskipun negatif jangan merasa diri sehat dan tetap jaga jarak dengan orang lain saat berinteraksi sosial.

Hasil positif dari Rapid Test belum tentu harus di rawat di rumah sakit. Prinsipnya isolasi diri perorangan ataupun bisa juga layanan rawatan rumah sakit jika ada penyakit pendamping.

Obat sudah kita datangkan Avigan (Favipiravir) dan Chloroquine yang memiliki respon positif. Salah satu obat itu yakni Chloroquine sudah akrab di Indonesia. Obat ini untuk penyembuhan, bukan pencegahan.

Jadi masyarakat tidak perlu berbondong-bondong membeli dan menyimpan. Ini obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter dan dengan pengawasan tenaga kesehatan dalam mengkonsumsinya.

Wisma Atlet akan dijadikan tempat isolasi dan merawat dalam penanggulangan penyakit Covid-19 di Jakarta & daerah.

1 juta rapid test (besok datang 120 ribu alat), 12 juta masker dan 81 ribu masker N95 kita sudah datangkan.

Update Harian Konfirmasi Positif Covid-19 sampai 21 Maret 2020, penambahan kasus 81 orang. Sehingga total 450 orang. Kemudian penambahan kasus dua kali negatif klinis baik dan sembuh 4 orang. Sehingga sembuh total 20 orang. Kematian 6 orang sehingga total 38 orang. Data ini sudah kita berikan ke Dinas Provinsi dan Rumah Sakit, serta Rumah Sakit di Kabupaten/Kota untuk Tracing dan melakukan rapid test.

Partisipasi Masyarakat amat penting untuk tetap di rumah!

Juru Bicara Virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto

17 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY