Sehari 15 Titik, dari DPRD, PMI Kota Depok Semprot Disinfektan di Mushola Al Qolam Perdep

0
341
PMI Depok sambangi Mushola Al Qolam Permata Depok

Depoktren.com – Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Bukan hanya himbauan lewat Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Walikota Depok Mohamad Idris, tapi juga gerakan dalam bentuk nyata.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, misalnya giat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh fasilitas publik yang ada di Kota Depok, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Ketua PMI Kota Depok, Jawa Barat, Dudi Miraz mengatakan pihaknya juga telah melakukan penyemprotan di tempat ibadah seperti masjid, musolah, sekolah, dan perkantoran.
Penyemprotan telah dilakukan sejak Selasa (17/03/20).

Dudi Miraz menambahkan penyemprotan disinfektan tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Pihaknya tidak memungut bayaran dalam melaksanakan tugasnya, sesuai instruksi Wali Kota Depok dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 443/133-HUK/Dinkes tentang Siaga Intensif Corona Virus Disease (COVID-19).

“Kami membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh area publik. Termasuk tempat ibadah, sekolah, dan kantor pemerintah,” kata Dudi Miraz.

“Jadi, ini sebagai pencegahan dan meminimalisir serta memutus mata rantai penyebaran virus corona,” lanjutnya.

Minggu (21/3) tercatat sebanyak 15 titik yang dilakukan penyemprotan, termasuk Mushola Al-Qolam di Komplek Permata Depok RT 5/7 Sektor Nilam, Kelurahan Pondok Jaya. Tujuh petugas dikerahkan untuk melakukan sterilisasi.Seluruh petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan.

“Kami bekerja tidak ada libur karena banyak sekali permintaan penyemprotan. Kami bagi tiga tim yang masing-masing sebanyak 7 oramg. Hingga kini sudah masuk permohonan lebih dari 100 tempat. Hari ini berawal dari DPRD Kota Depok, terakhir di sini. Tiap hari kami keliling 15 titik,” kata Imron Maulana, penanggung jawab tim penyemprotan disinfektan.

Menurut Ketua RT 005/07 Sektor Nilam Permata Depok, Budi Riyanto, langkah ini dirasa perlu sebagai antisipasi menyebarnya virus corona. Budi juga mengimbau warganya tidak panik, tapi tetap waspada dalam menghadapi situasi. Terpenting menurutnya menjaga anggota keluarga untuk berkegiatan di dalam rumah (bekerja/belajar), tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak seperti kebutuhan pangan dan kesehatan.

Sementara itu Ketua DKM Mushola Al Qolam H. Ngatijo mengucapkan terima kasih kepada pengurus RT dan warga yang ikut membantu melakukan penyemprotan bersama PMI Kota Depok.

“Semoga dengan penyemprotan disinfektan ini membuat kita merasa nyaman dalam menjalankan ibadah di Mushola Al Qolam, ” tutur H. Ngatijo. *Suryansyah

336 total views, 4 views today

LEAVE A REPLY