Kesulitan Bahan Baku, Stok Gula Menipis, Pemerintah Disarankan Impor Gula Mentah

0
69

www.depoktren.com–Gula pasir di sejumlah toko jaringan retail waralaba modern Jakarta Pusat sudah kosong atau langka sejak sepekan terakhir. Bahkan pada beberapa gerai, sejak sebulan lalu sudah tidak ada pasokan komoditas itu.

Di tingkat retail, harga gula masih sesuai dengan HET sehingga banyak yang membeli. Barang ini menjadi langka terlihat dalam jumlah banyak di rak supermarket ataupun minimarket.

Harga gula di tingkat pedagang besar atau agen mencapai Rp 15 ribu per kilogram. Di konsumen, harganya jadi Rp 17 ribu per kilogram. Padahal, pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi atau HET untuk produk pangan itu hanya Rp 12,5 ribu per kilogram.

Impor gula dinilai menjadi salah satu solusi untuk menekan harga gula di tengah menipisnya stok gula di Indonesia.

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menilai, impor yang dilakukan cukup pada gula mentah.

“Sebaiknya pemerintah memberi izin impor raw sugar kepada pabrik gula BUMN sambil diberikan target untuk mencari lahan pengembangan tanaman tebu,” terang Herman.

Dia mengutarakan, stok guka menipis sejalan dengan beberapa pabrik gula sedang kesulitan bahan baku. Pabrik gula BUMN, kata Herman, produksinya masih di bawah kapasitas atau under capacity. Ia juga mencontohkan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) yang akan menutup dua pabrik gulanya. (Siska Thresia)

69 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY