Pandemi Covid-19, Warga Binaan Rutan Depok Berjemur Untuk Meningkatkan Imunitas

0
70

www.depoktren.com–Sejumlah warga binaan berjemur di bawah matahari di Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1, Kota Depok, Kamis (2/4/2020).

Berjemur di bawah sinar matahari dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Imunitas yang tinggi juga menjadi salah satu upaya mencegah aktifnya virus SARS CoV-2 penyebab Covid-19 di dalam tubuh.

Kementerian Hukum dan HAM menerapkan protokol kesehatan di rumah tahanan (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) termasuk di di Rutan kelas 1, Depok, dengan meminta warga binaan berjemur guna membantu meningkatkan imunitas.

Petugas PMI menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan Rutan kelas 1, Depok. Penyemprotan tersebut sebagai salah satu upaya sterilisasi untuk pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Rutan Kelas I Depok akan segera melakukan pembebasan bersyarat sebanyak 295 warga binaan. Hal itu menindaklanjuti surat edaran (SE) Dirjen Pemasytarakatan No Pas 497.PK.01.04 tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan napi dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.

“Sebanyak 295 warga binaan akan mendapat pembebasan bersyarat,” kata Kepala Rutan Kelas I Depok, Dedy Cahyadi dalam siaran pers yang diterima depoktren.com, Kamis (2/4/2020).

Menurut Dedy, warga binaan yang mendapatkan pembebasan bersyarat sudah melewati 2/3 masa tahanan dan berkelakuan baik. “Hari ini baru delapan warga binaan yang sudah dikeluarkan,” ungkap Dedy. (Siska/Papi Ipul)

 70 total views

LEAVE A REPLY