Kompak..! Remaja Nilam 1-2 Perdep Semprot Rumah Warga

0
246
Remaja Permata Depok Sektor Nilam 1-2 tak mau berpangku tangan

Depoktren.com – Bersatu melawan Corona. Berbagai aksi dilakukan masyarakat untuk perangi Covid-19. Termasuk memberdayakan remaja untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

Langkah itu dilakukan Budi Riyanto, Ketua RT 005/007 Kelurahan Pondok Jaya, Depok, Jawa Barat. Sembilan remaja di Permata Depok Sektor Nilam 1-2 pun bergerak melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga pada Minggu (5/4) pagi.

“Saya hanya mengarahkan agar remaja tetap menjaga jarak fisik dalam bertugas dan menjaga kesopanan ketika memasuki rumah atau pekarangan warga. Koordinasi lapangan saya percayakan kepada Ketua Satgas Covid-19 Nilam 1-2, bapak Sofian,” pesan Budi Riyanto kepada para petugas remaja.

Tak mau berpangku tangan di tengah mewabahnya virus Covid-19, Jimmy, Adit, Wiro Jito, Alfian, Rafi, Dias, Rian, Anjaz, dan Ikhsan berpenampilan layaknya petugas sejati. Dengan perlengkapan jas hujan warna biru, masker, dan sarung tangan, mereka keliling menggendong perlengkapan penyemprotan.

Menurut Jimmy, kegiatan ini dilakukan guna melindungi warga dari paparan virus corona dan memberikan motivasi kepada remaja-remaja lain supaya tidak hanya berpangku tangan dengan kondisi seperti saat ini.

“Kami mengikuti petunjuk dari RT dan Ketua Satgas Covid-19. Kami juga terpanggil untuk menyemprot disinfektan ke rumah-rumah warga, komplek kami benar-benar aman dan nyaman,” kata Jimmy disela aktivitas penyemprotan.

Kali ini penyemprotan hanya sebatas bagian luar rumah, saluran air, jalan. Berbeda dengan minggu lalu yang melakukan penyemprotan di bagian dalam dan luar rumah.

Menurut Ketua Satgas Covid-19 Nilam 1-2, Sofian, kehadiran remaja sebagai petugas penyemprotan sengaja dilakukan. Hal ini agar remaja dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan dari bahaya penyebaran virus corona.

“Saya mengajak semua remaja untuk sama-sama menjaga lingkungan. Selain penyemprotan juga dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan seperti diam di rumah, beraktivitas di rumah, jaga jarak fisik dan sosial. Tentu dengan hidup sehat dan bersih, rajin mencuci tangan, dan pentingnya pemakaian masker jika keluar rumah,” ujar Sofian.

Lebih lanjut Sofian mengingatkan agar warga tidak sekadar mengandalkan penyemprotan disinfektan saja, mereka pun bisa melakukan pencegahan sendiri dan menjaga kebersihan di rumahnya masing-masing.

Ketua RT 005/07 Budi Riyanto memang telah mengeluarkan beberapa Surat Edaran menyangkut situasi pandemi ini. Terakhir dalam SE nomor 06/Nilam/IV/2020 tertangal 2 April 2020, pengurus RT memberitahukan tentang poin-poin penting untuk lingkungannya.

Disebutkan pengurus RT telah menunjuk Sofyan sebagai Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 di lingkungan Sektor Nilam 1-2. Kemudian diinformasikan kepada warga bahwa penutupan portal akses keluar masuk telah dilakukan sejak 29 Maret 2020. Mulai Sabtu (4/4) dilakukan pengawasan dan pengetatan terhadap lalu lintas barang dan orang di gerbang masuk komplek.*Suryansyah

 232 total views

LEAVE A REPLY