RW 05 Pondok Jaya Dukung Penuh Kampung Siaga Covid-19

0
121

www.depoktren.com–Upaya memutus penyebaran Covid-19 atau Virus Corona terus dilakukan Pemerintah Kota Depok dan Masyarakat. Seperti pada warga Rukun Warga (RW) 05 Kelurahan Pondok Jaya membentuk “Kampung Siaga Covid-19”.

“Berdasarkan Surat Edaran dari Pemerintah Kota Depok untuk membuat Kampung Siaga Covid-19 ditingkat RW, maka kita langsung tindaklanjuti. Dari rapat warga hasilnya terbentuk Satgas rencana penyemprotan, galang donasi untuk bantuan pangan. Termasuk rencana sterilisasi tempat-tempat umum,” ujar Ketua Rukun Warga 05 Kelurahan Pondok Jaya Abdul Salam di sela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan.

Menurutnya, sebelum terbentuk Kampung Siaga masyarakat sudah membuat Gerakan antisipasi Siaga Covid-19. Salah satunya dengan penggalangan dana untuk pembelian alat penyemprotan dan obat. Dilanjutkan dengan penyemprotan lingkungan serta penggalangan dana untuk bantuan ketahanan pangan bagi yang warga yang benar-benar membutuhkan. “Guna mempercepat koordinasi, kita buat grup WhatsApp dan akan membentuk relawan di tiap-tiap RT,” terangnya.

Salam menuturkan, warga RW 05 tengah berupaya melakukan kegiatan Kampung Siaga COVID-19 lebih komprehensif. Satgas Kampung Siaga Covid-19 akan mengaktifkan lumbung pangan dengan skema gerakan masyarakat peduli sesama. “Kita galang dana untuk membantu ketahanan pangan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Kita juga sudah menyiapkan langkah-langkah strategis,” tuturnya.

Selain penyemprotan, juga dipasang spanduk sosialisasi tentang pencegahan Virus Corona di lingkungan. Sebelumnya, demi memutus rantai sebaran virus corona pemerintah pusat telah mengumumkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) kepada masyarakat.

Beberapa sektor penting diliburkan sementara. Kebijakan ini berdampak pada pelaku ekonomi menengah ke bawah. Terutama pekerja berpenghasilan harian. Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Depok melalui Kelurahan Pondok Jaya, per 31 Maret 2020 mengedarkan surat himbauan kepada ketua Rukun Warga agar membentuk struktur satuan tugas “Kampung Siaga Covid-19”. (Aan Humaidi)

 121 total views

LEAVE A REPLY