Depok Tetapkan 25 RW di 16 Kelurahan Harus Jalani PSKS

0
49

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menetapkan 25 rukun warga (RW) harus menjalani Pembatasan Sosial Kampung Siaga Covid-19 (PSKS). Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Nomor 443/235/Kpts/Dinkes/Huk/2020 terkait (PSKS).

“Adapun hasil evaluasi kasus konfirmasi positif di setiap RW pada kelurahan dengan jumlah kasus sama dengan atau lebih dari enam di Kota Depok, terdapat 25 RW yang ditetapkan PSKS dengan protokol yang diatur secara khusus,” ujar Idris dalam siaran pers yang diterima, Jumat (5/6/2020).

Rincian RW yang ditetapkan PSKS yakni ada di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Mekasari, Cisalak Pasar, Tugu, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Rangkapan Jaya Baru, Mampang, Tanah Baru, Mekar Jaya, Sukatani, Cilangkap, Jatijajar, Ratu Jaya dan Sukamaju.

“Dengan begitu, rumah ibadah di RW di kelurahan tersebut belum diperkenankan untuk dibuka dan masih menerapkan protokol PSKS,” terang Idris.

Dia menambahkan, delain itu, wilayah tersebut juga akan terus dilakukan pencegahan dan penanganan seperti sterilisasi ruang, rumah, fasilitas sosial dan fasilitas umum, rapid test atau Swab PCR, pemeriksaan dan pelayanan kesehatan, isolasi (di rumah sakit atau isolasi mandiri) sesuai kondisi.

“Untuk wilayah yang masuk kategori PSKS ini nantinya akan mendapatkan bantuan sosial seperti bantuan logistik, pemberian masker, sarung tangan dan handsanitizer,” terang Idris.

Selain itu juga akan dilakukan persiapan meliputi pelacakan kontak kasus positif, sosialisasi dan edukasi masyarakat dalam PSKS dan musyawarah solidaritas sosial masyarakat. “Masa berlaku PSKS yakni satu kali inkubasi atau selama 14 hari, setelah itu akan kami evaluasi,” pungkas Idris. (Papi Ipul)

 49 total views

LEAVE A REPLY