Makara Art Center UI akan Gelar Pertunjukan Wayang Potehi secara Online

0
165

www.depoktren.com–Dalam upaya menggali khazanah seni budaya nusantara dan merangsang kreativitas para seniman di tengah pandemi Covid-19, Makara Art Centre Universitas Indonesia (MAC UI) akan menyelenggarakan event Apresiasi dan Gelar Seni Budaya Nusantara secara daring.

Pagelaran Wayang Potehi akan dilaksanakan pada Selasa, 30 Juni 2020, pukul 19.00 WIB, melalui kanal youtube https://bit.ly/wayangpotehiartcenter. Bagi para pemirsa yang ingin ikut berdiskusi, dapat mendaftarkan dirinya terlebih dahulu pada laman sebagai berikut: https://bit.ly/pesertadiskusiwayangpotehi.

“Dalam event ini akan ditampilkan pertunjukan seni budaya serta pembahasan dari sudut pandang para ahli serta masyarakat sebagai upaya memberikan suguhan yang berbeda serta untuk mengapresiasi, mengedukasi masyarakat, dan meningkatkan mutu pertunjukan,” ujar Kepala MAC UI, Zastrouw dalam siaran pers yang diterima, Ahad (28/6/2020).

Menurut Zastrouw, pagelaran ini direncanakan akan diselenggarakan secara rutin dua kali dalam sebulan. “Acara ini merupakan bagian dari aktualisasi visi Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, yaitu menuju UI yang inovatif, mandiri, unggul, inklusif dan bermartabat. Melalui pagelaran seni budaya akan tumbuh inovasi di kalangan sivitas akademika UI, lewat seni budaya juga akan tumbuh sikap inklusif, karena seni budaya bisa melembutkan rasa dan meningkatkan kepekaan pada sesama,” jelasnya.

Untuk pagelaran perdana, MAC UI akan menyuguhkan Wayang Potehi dari Sanggar Rumah Cinta Wayang (Cinwa) Kota Depok, di bawah asuhan Dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI), Dwi Woro Retno Mastuti.

Wayang Potehi adalah kesenian akulturasi yang memadukan budaya Cina dengan Nusantara. Dengan mengambil lakon Siluman Dari Kerajaan Koe Pid, pertunjukan ini akan mengisahkan perjuangan Hwan Hu Zhi mengalahkan siluman Co Ru Nian dan adiknya Co Lo Nan yang menjadi wabah mematikan. (Siska Thresia)

 165 total views

LEAVE A REPLY