Ratusan Mahasiswa IPB Laksanakan KKN Tematik Di Depok

0
38

www.depoktren.com–Sebanyak 109 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2020 di Kota Depok. Kegiatan ini berlangsung selama Juli hingga pertengahan Agustus 2020.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Saaylt pandemi virus Corona (Covid-19), kegiatan KKN dilaksanakan secara khusus, mahasiswa yang melaksanakan KKN semua berasal dari Kota Depok,” ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani saat menerima para mahasiwa di Balai Kota Depok, Rabu (8/7/2020).

Dia mengutarakan, ada 11 kelompok KKN dari berbagai fakultas, diantaranya Fakultas Perikanan, Pertanian, Kehutanan, Ekonomi serta lainnya. Kemudian, kelompok tersebut dibagi ke enam kecamatan terpilih yang menjadi lokasi khusus (lokus) kegiatan.

“Di masing-masing lokus memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Seperti di Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) Kecamatan Cimanggis ada kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan. Lalu di Kelurahan Abadi Jaya Kecamatan Sukmajaya ada kegiatan edukasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka pertahanan ekonomi di tengah pandemi,” jelas Widyati.

Menurut Widyati, kegiatan KKN aka ln dilaksanakan secara daring maupun luring (tatap muka). Meski diadakan secara luring, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Kami berharap, KKN ini bisa selaras dengan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Selain itu, peserta KKN juga bisa memberikan kontribusi kegiatan pembangunan yang ada di wilayah mereka,” harapnya.

Koordinator Mahasiswa KKN IPB, Jaka Aryantara Kuntala mengatakan, kegiatan KKN salah satunya bertujuan untuk membantu memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan di masyarakat. Konsep dari kegiatan yang bakal dilaksanakan menyesuaikan keunikan atau keunggulan wilayah masing-masing.

“Kami juga berkolaborasi dengan Pemberdayaan dan Kesehateraan Keluarga (PKK), karang taruna dan kelompok tani yang sudah ada di wilayah. Semoga kegiatan kami berjalan lancar dan mengedukasi serta membantu masyarakat memecahkan masalah di lingkungan,” pungkasnya. (Anandya Pradita)

38 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY