DLHK Depok Minta Warga Tak Gunakan Kantong Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

0
55

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok meminta warga untuk dapat mengurangi penggunaan kantong plastik saat hari raya Idul Adha. Salah satunya mengganti wadah plastik daging kurban dengan bahan yang mudah terurai.

“Ini juga terkait kebijakan nasional tentang pengelolaan sampah. Kami mengimbau dan mengajak warga Kota Depok untuk berpartisipasi mengurangi sampah saat lebaran Idul Adha, terutama saat menggunakan bungkus daging kurban,” ujar Kepala DLHIK, Ety Suryahati di Balai Kota Depok, Rabu (15/7/2020).

Menurut Ety, banyak alternatif lain untuk menggantikan kantong plastik sebagai wadah daging. Panitia kurban bisa menggunakan besek yang berbahan dasar bambu, daun kelapa, daun jati dan lain-lain.

“Untuk membungkus daging kurban, diharapkan panitia menyiapkan wadah makanan yang mudah terurai, seperti besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, daun jati, daun pisang dan masih banyak lagi,” harapnya.

Dia menambahkan, jika imbauan ini dilakukan secara serentak oleh masyarakat di Kota Depok, maka bisa mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Marilah lakukan hal kecil untuk sebuah perubahan yang besar. Mudah-mudahan seluruh warga Depok bisa menjalani imbauan tidak menggunakan kantong plastik untuk kantong hewan kurban dan dalam setiap kesempatan lainnya,” pungkas Ety. (Aan Humaidi)

 55 total views

LEAVE A REPLY