Warga Permata Siap Sukseskan Pilkada, Calon Wakil Walikota dan Anggota DPRD Kota Depok Apresiasi

0
213

Depoktren.com – Warga Permata Depok siap mensuksesan Pilkada serentak 2020. Ketua RT 005/07 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Budi Riyanto melakukan pendataan terhadap warganya. Kegiatan diawali dengan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, Sabtu (18/7).

“Kegiatan ini untuk verifikasi data pemilih. Kami telah menunjuk Bapak Suprayitno sebagai Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dan sudah dilantik serta diberikan pembekalan oleh KPU Depok,” kata Budi Riyanto.

Budi meminta warga menyiapkan foto copy Kartu Keluarga jika ada anggota keluarga sudah mempunyai hak pilih tetapi belum tercantum dalam Data Pemilih KPU.

Menurutnya data pemilih sebelum Coklit untuk TPS 53 sebanyak 429 orang. Rinciannya, warga RT 05 (Nilam 1-2) sebanyak 331 orang dan 98 orang warga RT 07.

“Ini sangat penting. Jangan sampai mereka yang sudah punya hak pilih tapi tidak bisa memilih. Karena ini kami harus bekerja hati-hati untuk mencocokan data warga kami,” terang Budi.

Sesuai arahan KPU Kota Depok, pencocokan dan penelitian (coklit) dilakukan mulai 17 Juli hingga 13 Agustus 2020. Lembaga penyelenggara Pemilu pimpinan Nana Shobarna ini, memastikan bila Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19 saat bekerja.

“Tentu kami mengikuti arahan KPU Kota Depok dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Petugas PPDP dibantu security dalam menjalankan tugasnya dor to dor ke rumah warga dilengkapi dengan APD,” jelas Budi Riyanto.

Calon wakil wali kota Depok Hj Afifah Alia mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan warga dalam mensukseskan Pilkada. Dia berharap PPDP tetap mengikuti arahan pemerintah dengan protokoler Covid-19.

“Dalam kondisi saat ini protokol kesehatan menjadi sangat penting. Jangan sampai kerja keras kita dilemahkan oleh pandemi virus corona. Kasihan warga yang sudah meluangkan waktu untuk mensukseskan Pilkada,” tutur Afifah yang berpasangan dengan Pradi Supriatna (calon walikota Depok) yang diusung partai PDIP dan Gerindara.

Sementara itu, Yuni Indriani dari Komisi B DPRD Kota Depok mengatakan Coklit kali ini lebih akurat pendataanya dengan tetap melibatkan ketua lingkungan. Karena pendataannya lebih rapi, fixed, dan tidak terburu-buru.

“Coklit ini cikal bakal DPT (Daftar Pemilih Tetap). Jadi dengan melibatan Ketua RT itu sudah benar. Karena mereka yang tahu warganya dan pasti valid. Tapi tentu harus benar-benar teliti melaksanakan tahapan ini. Kegiatan ini menjadi salah satu indikator kesuksesan Pilkada,” ujar Yuni Indriani.

Lebih lanjut menurut Yuni bisa dipastikan jumlah keluarga yang berhak memilih mengenal warganya. “Hindari perpindahan warga yang sifatnya dadakan,” Yuni mengingatkan.* Surya

 213 total views

LEAVE A REPLY