Menlu AS: Dunia Harus Lawan Komunis China

0
43

www.depoktren.com–Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Mike Pompeo pada Kamis menyerukan pembentukan aliansi baru demokrasi untuk memerangi niat jahat China terhadap komunitas internasional.

Berbicara di Perpustakaan Nixon di Kalifornia selatan, Pompeo mengatakan bahwa tanpa tindakan segera, Partai Komunis China (PKC) akan mengikis kebebasan dunia dan merusak tatanan internasional yang berbasis aturan.

“Jika kita menekuk lutut sekarang, anak-anak dari anak-anak kita mungkin berada di bawah kekuasaan Partai Komunis China, yang tindakannya merupakan tantangan utama saat ini di dunia bebas. Ini bukan tentang penahanan, tetapi tentang tantangan baru yang kompleks yang belum pernah kita hadapi sebelumnya: Uni Soviet ditutup dari dunia bebas. Komunis China sudah berada di dalam perbatasan kita,” ujar diplomat senior itu, Jumat (24/7/2020).

Pernyataan itu disampaikan setelah ketegangan antara Washington dan Beijing meningkat secara dramatis sejak munculnya pandemi Covid.

Virus itu telah menyebar ke seluruh penjuru dunia setelah terdeteksi pertama kali di Kota Wuhan, China, pada Desember. Pemerintahan Trump menuduh China berusaha menutupi wabah itu sejak dini dan kemudian menyesatkan komunitas internasional tentang tingkat keparahannya saat penyebarannya.

Pompeo menegaskan kembali tuduhan itu dan meminta orang yang hadir di kesempatan itu untuk memikirkan betapa jauh lebih baik dunia ini, terutama warga China, jika para dokter di Wuhan diizinkan untuk memberikan peringatan dini terhadap wabah virus corona. Dia menyinggung Dr. Li Wenliang yang mendapat reaksi keras dari pihak berwenang China yang menuduhnya membuat komentar palsu setelah dia berusaha memperingatkan tentang tingkat keparahan virus pada Desember.

Li akhirnya meninggal karena Covid-19 pada Februari setelah mengabdi di Rumah Sakit Pusat Wuhan.

“Hari ini kita semua masih mengenakan topeng, dan menyaksikan jumlah pandemi meningkat karena PKC gagal dalam janjinya kepada dunia,” kata Pompeo.

Dia menyerukan kekuatan ekonomi, militer dan diplomatik gabungan dari PBB, NATO, G7 dan G20 untuk menghadapi China, dengan mengatakan mereka pasti cukup untuk menghadapi tantangan ini jika mengarahkannya dengan jelas dan dengan keberanian yang besar.

“Mungkin sudah waktunya untuk pengelompokan baru negara-negara yang berpikiran sama, aliansi demokrasi baru. Jika dunia bebas tidak mengubahnya, Komunis China pasti akan mengubah kita. Kita tidak bisa kembali ke praktik masa lalu karena kenyamanan mereka,” pungkas Pompeo. (Siska Thresia)

 43 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY