DPRD Depok Beri Apresiasi ke Pemkot Depok dan Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

0
55

www.depoktren.com–DPRDKota Depok, menyelenggarakan Rapat Paripurna yang membahas Raperda Tentang PertanggungJawaban Pelaksanaan APBD Kota Depok Tahun Anggaran 2019 Kamis (23/7/2020). Hadir Wali Kota Depok Mohammad Idris , Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna serta Muspida dan Muspika Kota Depok .

Ketua DPRD Kota Depok Teuku Muhammad Yusuf Syahputra dan Para anggota DPRD Kota Depok mengucapkan Selamat atas Kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang kembali mencatatkan Prestasi membanggakan yaitu meraih kembali Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-9 kalinya di Ruang Paripurna DPRD Kota Depok.

Penghargaan tersebut tentunya tak terlepas dari kerja keras Pemkot Depok selama ini yang tertib dalam Administrasi Keuangan sesuai aturan dan standarnya.

“Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat itu, tentunya sangat terkait dengan kerja keras Pemkot Depok selama ini dengan tertib administrasi keuangan sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku,” ujar Putra.

Penghargaan itu diharapkan mampu menjadi motivasi untuk Pemkot Depok sendiri agar dapat bekerja lebih baik lagi, serta menghasilkan informasi keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. “Semoga prestasi ini dapat memotivasi Pemkot Depok, agar dapat menghasilkan informasi keuangan yang kinerjanya lebih transparan dan akuntabel,” ucap Putra.

Dia mengutarakan, meski telah mendapatkan penghargaan WTP ke-9 kalinya, namun perlu dicermati dan dinilai soal penyelenggaraan dan capaian realisasinya agar optimal dalam mewujudkan visi dan misi Pemkot Depok.

“Dalam hal ini, fokus utama telaahannya dapat diarahkan pada masalah-masalah seperti efektivitas, efiensi, konsistensi, pelaksanaan, konsistensi hasil dan peran anggaran dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Putra.

DPRD Kota Depok menyampaikan persetujuannya terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok Tahun Anggaran 2019.

Pada kesempatan itu, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Depok, Edi Masturo mengatakan, seluruh anggota DPRD memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang kembali mencatat prestasi membanggakan dengan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-9 kali. Dengan status WTP tersebut, diharapkan menjadi motivasi bagi pemerintah untuk bekerja lebih baik dan menghasilkan informasi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan proses dan kinerja lebih transparan dan akuntabel.

“Dengan status WTP ini, dapat dinilai secara umum, pelaksanaan anggaran tahun 2018 sudah disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan daerah yang berlaku di Kota Depok,” jelasnya saat membacakan laporan.

Dia menuturkan, ada beberapa hal yang menjadi evaluasi terhadap laporan pertanggungjawaban yang telah disampaikan. Di antaranya laporan yang disampaikan masih perlu ada penyempurnaan dengan berfokus pada penelaahan terhadap kinerja, penyebab, kendala, besaran dampak untuk menentukan prioritas terhadap efektivitas, efisiensi, konsistensi, pertumbuhan, dan kemulusan penyelenggaraan anggaran.

“Perlu dikaji mata anggaran terutama belanja, baik langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, dapat ditemukan permasalahan, penyebab, dan pemecahannya,” tambahnya.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota Depok Tahun Anggaran 2019, akan menjadi evaluasi di tahun berikutnya. Selain itu, pihaknya juga menyambut baik masukan yang diberikan dan ditindaklanjuti berdasarkan prioritas sesuai kemampuan anggaran daerah. “Akan menjadi evaluasi kami agar bisa lebih baik di tahun berikutnya,” pungkasnya. (Aris/Rus)

 55 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY