Nina Ajak Barisan KOOD Guyub dan Kompak

0
344

www.depoktren.com–Kekompakan, kebersamaan (guyub) dan keikhlasan adalah pondasinya organisasi. Jika KOOD ingin terus eksis dan kuat, seyogianya harus tertanam tiga pondasi dasar tersebut.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Umum Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD), Nina Suzana, seusai prosesi penyembelihan hewan kurban di Rumah Budaya Depok, Kp Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya, Minggu (2/8/2020).

“Alhamdulillah keberadaan KOOD telah diakui oleh berbagai pihak, termasuk Pemkot Depok. Bahkan KOOD dapat penghargaan dari Dinas Poryata Depok sebagai organisasi Penggerak Seni dan Budaya, dan saat ini KOOD juga sedang mengikuti lomba budaya tingkat provinsi Jawa Barat dan tingkat Nasional,” ungkap Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Depok ini.

Lantaran itu Nina Suzana secara khusus mengapresiasi semangat barisan KOOD dalam merawat dan melestarikan kearifan lokal Depok, utamanya seni, budaya dan bahasa leluhur Depok.

Dia menambahkan, prestasi lain KOOD yang patut diacungi jempol adalah mendirikan rumah budaya, sebuah bangunan atau tempat tinggal orang Depok tempo dulu, berikut blandongan dan pernak-perniknya.

“Ini luar biasa dan sangat membanggakan. InsyaAllah dalam waktu dekat ini akan didaftarkan sebagai bagian dari cagar budaya yang nantinya akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah Kota Depok,” demikian Nina Suzana.

Sembelih Sapi
Untuk ketiga kalinya KOOD menyembelih hewan kurban, kali ini dipusatkan di Rumah Budaya Depok di kawasan Rawa Denok.

Penyembelihan dipimpin Ketua Umum KOOD Haji Ahmad Dahlan dan Sari’ih. Sayatan golok keduanya seketika ‘mematikan’ dua ekor sapi pemberian Pemkot Depok dan pengurus KOOD Kecamatan Bojongsari, Khairul Anwar.

Selanjutnya sejumlah anggota KOOD menguliti dan memotong tulang serta bongkahan daging. Sementara anggota KOOD perempuan (wadon) sibuk mempersiapkan hidangan makan siang.

“Beginilah kalo bocah Depok lagi ngumpul. Sangat menyenangkan berbaur dengan keluarga besar KOOD, suasananya seperti tempo dulu,” kata RW Didi selaku Ketua Panitia.

Saat menyampaikan sambutan, Ahmad Dahlan berharap di perayaan Idul Adha tahun depan KOOD tidak hanya menerima pemberian hewan kurban, namun juga bakalan mampu membeli banyak sapi dan kambing untuk dikurbankan, meskipun melalui patungan para anggotanya.

“InsyaAllah di tahun depan KOOD bisa menyembelih lebih banyak hewan kurban. Caranya bisa dilakukan melalui patungan, per orang 3,5 juta. Dicicil mulai sekarang,” kata Dahlan.

Prosesi penyembelihan juga dihadiri perwakilan Dewan Pembina KOOD Manisah Boy (Baba Entong), Wakil Ketua Umum KOOD Jamhurobi, Lamin, Syaiful Hidayat, Wakil Sekretaris Umum Amiruddin, Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan KOOD Inawati Neih, Ketua KOOD Kecamatan Cimanggis Haji Idin Ibrahim, Ketua KOOD Kecamatan Sawangan Sudadih, Ketua KOOD Kecamatan Limo Husin Tohir, perwakilan KOOD Kecamatan Cipayung Amsori AR, Ketua Jawara KOOD Sabeni Efendi, Ketua Pelestari Budaya Haji Murasa, Ketua KOOD Rangkapan Jaya Baru Geplak Maur, Ketua KOOD Kelurahan Grogol Suryadi, serta emak-emak yang tergabung dalam Wadon KOOD.(amr)

 344 total views

LEAVE A REPLY