Rapat Bahas Susunan Rancangan RPJMD Depok 2021-2026 Digelar Secara Virtual

0
39

www.depoktren.com–Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok menggelar rapat dalam rangka penyampaian Laporan Pendahuluan oleh Lembaga Demografi Universitas Indonesia (UI) sebagai tim penyusun Naskah Akademis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Teknokratik. Rapat tersebut dilakukan secara virtual bersama seluruh perangkat daerah.

Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani menjelaskan, Teknokratik RPJMD merupakan Naskah Akademis RPJMD yang memuat kajian secara empirik dan ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah dan isu-isu strategis yang dihadapi Kota Depok lima tahun ke depan. Selanjutnya, ujarnya, naskah itu akan digunakan sebagai dasar penyusunan rancangan awal RPJMD 2021-2026.

“Rancangan teknokratik ini menentukan perubahan Kota Depok lima tahun ke depan, yang menjadi dasar penyusunan yang wajib dimuat dalam RPJMD 2021-2026,” jelas Widyati dalam siaran pers, Senin (3/8/2020).

Menurut Widyati, perencanaan ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah demi peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, dan lapangan berusaha. Selain itu, juga meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

Pengumpulan data awal potensi dan isu-isu permasalahan strategis dari setiap Perangkat Daerah (PD) menjadi materi penting untuk penyusunan RPJMD Teknokratik. Dengan demikian, sambungnya, semua pelaksanaan program nantinya lebih terukur.

“Masing- masing PD menyampaikan programnya sebagai dasar penyusunan RPJMD lima tahun mendatang. Hal itu agar tepat sasaran demi meningkatkan kemajuan pembangunan di Kota Depok,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk evaluasi dari hasil pelaksanaan RPJMD tahun 2016-2021, sampai dengan tahun ke empat, dan penyampaian program dari semua Perangkat Daerah juga akan menjadi dasar penyusunan RPJMD lima tahun mendatang. (Papi Ipul)

39 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY