Pendzoliman Berjamaah Negara Terhadap Hardiman

0
268

www.depoktren.com–Masih Ingat dengan kasus Hardiman yang dihukum pidana penjara selama 2 tahun dan denda sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak di bayar, maka di ganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan penjara karena kurang cermatnya penyidik, dalam kasus korupsi proyek peningkatan Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok pada Oktober 2017 lalu.

Nah, kasus itu kini mamasuki babak baru. Para terpidana Hardiman bersama satu orang pelaksana proyek dari pihak kontraktor Enrico Kurniady dan Bonar Panjaitan sebagai pemilik PT, mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

Putusan MA No 204 PK/Pid.Sus/2020 pada 15 Juli 2020, memvonis penjara terpidana selama 2 (dua) tahun, dan denda Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) apabila denda tersebut tidak dibayarkan maka diganti dengan pidana kurungan selama 2(dua) bulan, tetapi dalam proyek tersebut dinyatakan tidak ada kerugian negara. Persoalannya, ketiganya sudah menjalankan hukuman Hardiman 2 (dua) tahun 2 (dua) bulan kurungan dan Enriko Kurniadi telah menjalani penjara selama 3,5 tahun.

Khusus Hardiman yang saat kasus ini menjabat sebagai Kepala Bidang Jalan dan Jembatan (Jaljem) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok sudah dipecat dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Nah, kasus ini jadi pembelajaran semuanya, hanya karena suka dan tidak suka, seorang pejabat di dzolimin secara berjamaah, dicari-cari kesalahan untuk ‘dipaksa’ dipidanakan.

Lalu, bagaiamana tanggung jawab penyidik kepolisian Polres Depok, Kejaksaan Negeri Depok, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Pengadilan Tinggi Jawa Barat serta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Khusus Pemkot Depok, sebaiknya dengan putusan MA tersebut, status ASN pak Hardiman dikembalikan lagi.

Tidak ‘dosa’ mengaku salah, yang ‘dosa’ itu tahu salah tapi tetap merasa benar.

Depok, 4 Agustus 2020

Rusdy Nurdiansyah
Ketua Pembina DMC

268 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY