Kapolres Depok Dianugrahi Warga Kehormatan KOOD

0
338

www.depoktren.com–Kepala Kepolisian Resort Kota Depok, Kombes Pol Azis Andriansyah, dinobatkan sebagai Warga Kehormatan oleh organisasi pelestari budaya yaitu Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD).

Prosesi penobatannya dipusatkan di Rumah Budaya Depok, Kp Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kamis (7/8/2020).

Sejumlah tokoh Depok satu persatu memakaikan pakaian khas Depok berupa setelan pangsi warna hitam plus peci, gesper dan sebilah golok.

Seketika barisan KOOD memberikan applause tepuk tangan meriah saat melihat Kapolres Depok telah didandani, dan dinyatakan resmi sebagai Warga Kehormatan KOOD.

“Wah pak Kapolres semakin gagah nih kalo pake pangsi,” ucap Rihadi alias Oting selaku pembawa acara.

Dalam sambutannya Kombes Azis Andriansyah mengaku terkejut sekaligus bangga. Dia tidak menyangka jika kehadirannya ke rumah budaya Depok mendapatkan pula pengakuan sebagai bagian dari keluarga besar KOOD.

“Ini diluar dugaan. Padahal saya kesini hanya ingin meninjau rumah budaya, sekalian mau ngobrol santai dengan kawan-kawan di KOOD. Tapi tenyata saya dianugrahi sebagai warga kehormatan, senang banget saya diakui sebagai warga KOOD,” kata Kapolres.

Secara khusus Kapolres mengapresiasi peran KOOD yang dinilainya sangat concern (perhatian) mengurusi seni budaya dan merawat nilai-nilai kearifan lokal Depok.

“Saya tahu KOOD dihuni oleh beragam profesi serta dari berbagai partai politik. Tapi organisasi ini netral, tidak berpolitik. Barisan KOOD kalo lagi ngumpul lebih suka ngomongin seni budaya dan ukhuwah (persaudaraan). Inilah yang menyejukkan hati saya saat berada di tengah-tengah warga KOOD, seperti saat ini,” ucap Kapolres.

Kapolres juga mengaku terkesan dengan rumah budaya yang dibangun oleh KOOD, terlebih posisinya terletak di kawasan hijau dan asri.

“Selama 10 bulan di Depok saya disuguhi suasana kosmopolitan dengan pemandangan gedung-gedung, mall dan apartemen. Tapi disini terasa adem, sejuk dan hijau, di sekitarnya ditumbuhi banyak pepohonan. Alhamdulillah ternyata masih ada suasana alami seperti ini di Kota Depok,” demikian Kapolres.

Semua ada di KOOD
Sebelumnya Ketua Umum KOOD Haji Ahmad Dahlan menjelaskan profil singkat KOOD, yaitu sebagai perekat kebersamaan, wadah ngumpulnya bocah-bocah Depok.

“Di KOOD ini semuanya ada, mulai dari Kyai, pejabat pemerintahan sampe RT. Dari seniman, tukang pukul (pesilat) sampe pengusaha ada di KOOD. Semuanya ikut terlibat mengurusi seni budaya dan bahasa leluhur Depok,” ujar Dahlan.

Bahkan, lanjut Dahlan, Jawara KOOD yang dikomando Sabeni Efendi telah memiliki program bakti lingkungan yang diberi nama ‘ Jawara Jaga Kampung’. Diharapkan ke depannya Jawara KOOD akan lebih bersinergi dengan aparat kepolisian di tingkat Polsek hingga Polres.

“InsyaAllah diminta atau tidak, KOOD selalu siap untuk membantu aparat kepolisian dan TNI dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah Kota Depok,” kata Dahlan.

Di akhir sambutannya, Ahmad Dahlan mengucapkan selamat kepada Kapolres Depok yang telah menjadi warga kehormatan dan bergabung dalam keluarga besar KOOD.

Prosesi penganugrahan warga kehormatan tersebut dihadiri jajaran Dewan Sepuh KOOD yang diketuai Kyai Haji Syihabuddin Ahmad, dan Kyai Ahmad Damanhuri, Haji Idrus Yahya, Haji Sanusi, Haji Rustam Efendi, serta perwakilan Dewan Pembina KOOD di antaranya Haji Dramayadi, Haji Acep Azhari, Haji Murasa, Ajazih Azis dan Burhanudin.
Adapun Badan Pengurus Harian (BPH) yang terlihat hadir di antaranya Hajjah Nina Suzana, Haji Yahman Setiawan, Amiruddin, Lamin, Jamhurobi, Syaiful Hidayat, Inawati Neih, Haji Adin.
Hadir pula Ketua KOOD Kecamatan Cimanggis Haji Idin Ibrahim, Sekretaris KOOD Kecamatan Sawangan Herman Firdaus, perwakilan KOOD Kecamatan Cinere Awi Ireng, perwakilan KOOD Kecamatan Limo Suryadi, serta pengurus KOOD Kelurahan Rangkapan Jaya Baru yang dipimpin Geplak Maur.(amr)

 338 total views

LEAVE A REPLY