Kecamatan Sukmajaya dan Beji, Titik Rawan Peredaran Narkoba di Depok

0
39

www.depoktren.com–Kecamatan Sukmajaya dan Beji menjadi wilayah yang cukup rawan peredaran narkoba di Kota Depok. Hal itu terungkap dalam diskusi Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba di Wisma Hijau, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Rabu (12/8/2020).

Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Rina Astuti mengatakan, dari 12 titik kawasan yang rentan peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Kecamatan Sukmajaya dan Beji merupakan dua wilayah yang menjadi sorotan dan perlu diawasi.

“Jadi perlunya peran penting masyarakat dalam pengawasan dilingkungan untuk mencegah peredaran narkoba. Diperlukan relawan dari masyarakat,” ujar Rina.

Dia menambahkan, tugas relawan dan penggiat narkoba hanya memperhatikan, mengawasi dan menginformasikan kesatu arah, jangan lagi kebanyak arah.

“Seorang penguna narkoba harus dirangkul dan diberdayakan sehingga tidak terjadi diskriminasi terhadap mantan pengguna narkoba. Kami telah memberdayakan para mantan pengguna narkoba dengan mengikutsertakan dalam bentuk pelatihan. Hingga kini mereka telah bekerja dan membuka usaha sendiri,” tutur Rina.

Dia berharap, masyarakat tidak menganggap para pengguna narkoba sebagai aib. “Para pemguna narkoba itu harus dirangkul dalam kegiatan positif dilingkungan sehingga kehadiran mereka dirasakan oleh masyarakat,” harap Rina.

Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi mengakui, memang kasus penyalahgunaan narkoba di Kecamatan Sukmajaya terbilang banyak dan perlu diwaspadai.

“Ini menjadi warning bagi semua dan perlu mencari formula yang tepat, agar pengedaran narkoba di Kecamatan Sukmajaya dapat diberantas. Mungkin kami akan membuat Masyarakat Anti Narkoba (MAN) agar dapat mencegah peredaran narkoba yang ada di Kecamatan Sukmajaya ini,” jelasnya.

Kapolrestro Depok Kombes Pol Aziz Andriansyah mengungkapkan, dari kasus narkoba yang terungkap sepanjang 2019, Polrestro Depok menyita 68 gram ganja dan 2.144 gram sabu. “Cukup rawan perendaran narkoba di Kota Depok,” ucapnya. (Papi Ipul)

 39 total views

LEAVE A REPLY