Dinsos Depok Gelar Bimtek Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

0
39

www.depoktren.com–Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada puluhan petugas Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) di 11 kecamatan. Peserta terdiri dari fasilitator, supervisor dan petugas Pusat Kesejahteraan Sosial dengan total 63 orang.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan komitmen pemerintah dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial.

Bimtek juga merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) dari Menteri Dalam Negeri, Menteri Sosial dan Menteri Keuangan tentang Dukungan Percepatan Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

“Jadi, kami menindaklanjuti SKB itu,” kata Usman dalam siaran pers yang diterima, Kamis (13/8/2020).

Menurut Usman, terdapat beberapa materi yang disampaikan. Antara lain, peralihan penggunaan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial berbasis android (Siks Droid), Verifikasi dan Validasi (Verval) dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan sosialisasi batas waktu Verval Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai arahan SKB.

“Materi diberikan langsung oleh Dinsos seperti dari bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dan bidang Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial. Serta operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG),” jelasnya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok,Tri Redjeki Handayani menuturkan, bimtek ini merupakan bekal untuk melakukan Verval DTKS pertama yang seharusnya April 2020. Karena pandemi maka diperpanjang menjadi akhir Agustus 2020.

“Pembaharuan atau Verval DTKS ini rutin dilakukan Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kemensos). Harapan kami setelah bimtek ini nantinya akan terwujud ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelengaraan kesejahteraan sosial,” pungkas dia. (Papi Ipul)

 39 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY