Semasa Pandemi Mahasiswa UI Tetap Berprestasi dan Beraksi untuk Negeri

0
57

www.depoktren.com–Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) tidak henti-hentinya menorehkan berbagai prestasi serta melakukan aksi sosial Bakti untuk Negeri di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Rosari Saleh mengatakan bahwa mahasiswa UI tetap menorehkan prestasi baik di tingkat internasional dan nasional.

“Tim Sang Neggala yang beranggotakan M Khairun Zuhry, Gabrie Reyes, Dame Satrio dan Vania Salim yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik UI sukses meraih runner-up pada ajang Global Student Challenge by CIOB 2020 yang diselenggarakan di Australia melalui sistem daring. Tim UI berhasil meraih posisi kedua berkat kemampuan dan skill dalam mengolah perusahaan konstruksi virtual melalui platform meritgame.com,” ujar Rosari.

Catatan gemilang juga ditorehkan mahasiswa UI di kancah nasional. Ocha, sapaan akrabnya menambahkan bahwa jiwa kompetitif mahasiswa UI masih terus berjalan.

“Terakhir kami mencatat beberapa capaian prestasi mahasiswa UI, diantaranya adalah vega Mylanda, Norman Emil Ramadhan, Rafiqah Nur Viviani dari Fakultas Farmasi UI berhasil meraih juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Ash-Shaydalah National Event of Pharmacy (ANEPH) dengan penelitian Molekuler Senyawa Bioaktif Biji Habbatussauda (Nigella Sativa) sebagai alternatif pengobatan kanker payudara. Berikutnya, Farhan Akbar Erdian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI meraih Juara I National Essay Education Competition 2020 dengan judul karya IWIT Integrated WISE and Linking Method for Thermodynamic Study Sebagai Media Pembelajaran Materi Termodinamika Untuk Siswa SLTA,” jelas Ocha.

Tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, mahasiswa UI juga tidak lupa untuk tetap bergerak dan bergerilya untuk melakukan aksi sosial.

Ocha menuturkan, “Sejumlah mahasiswa UI yang tergabung dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti UKM Menwa UI, UKM Pramuka, UKM Suara Mahasiswa, UKM Geradasi Warna, UKM Basket, UKM Mada Bahana, UKM Liga Tari dan UKM Geradasi Warna UI telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui aksi sosial Bakti Untuk Negeri tahap tiga.”

Setelah sebelumnya membagikan 1.100 paket bantuan sembako bagi warga yang membutuhkan, kini UKM UI juga turut sukses menyalurkan bantuan berupa tiga ekor sapi pada peringatan Idul Adha 1441 H kepada warga Desa Raga Jaya kecamatan Bojong Gede, Bogor, dan warga Desa Susukan kecamatan Bojong Gede, Bogor.

Direktur Kemahasiswaan UI, Devie Rahmawati*, menuturkan, “Semua rangkaian mulai dari penyerahan hewan kurban, pemotongan, pendataan warga, hingga pendistribusian daging semuanya dilakukan oleh teman-teman mahasiswa. Tidak lupa, para mahasiswa UI ini juga tetap menjalankan standar protokol kesehatan di dalam melakukan aksi sosialnya.”

“Kami selalu menekankan dalam setiap aktivitas sosial yang kami lakukan tetap mengedepankan keamanan dan penerapan protokol kesehatan terutama saat kegiatan pembagian daging qurban seperti, mencuci tangan bagi setiap warga yang akan masuk, pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun, pembagian masker bagi warga yang tidak mengenakan masker, serta pengaturan jarak tempat duduk dan antrian pengambilan daging,” pungkas Devie. (Siska Thresia)

 57 total views

LEAVE A REPLY