Peringatan HAN 2020, Momentum Pemenuhan Hak Anak Saat Pandemi Covid-19

0
38

www.depoktren.com–Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok mengadakan kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Depok secara virtual di Balai Kota, Selasa (18/8/2020).

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, peringatan HAN menjadi momentum penting dalam menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen terhadap pemenuhan hak anak. Mengingat, selama pandemi Covid-19, semua masyarakat mengalami dampaknya, termasuk anak-anak.

“Melalui peringatan HAN bisa menjadi motivasi bagi semua. Meski pandemi, namun tidak menyurutkan komitmen untuk memberikan perhatian dan pemenuhan hak anak,” ujar Idris usai peringatan HAN Kota Depok Tahun 2020 secara virtual, Selasa (18/8).

Menurut Idris, upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak dalam masa pandemi Covid-19 menghadapi beberapa tantangan. Sebab, terdapat sejumlah dampak negatif bagi anak. Diantaranya, kehilangan pengasuhan, mengalami kekerasan baik verbal maupun non verbal, serta kekerurangan kesempatan untuk bermain, belajar, dan berkreasi. Selain itu, penerapan jaga jarak maupun belajar di rumah.

“Selama pandemi ini, anak mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas. Namun perhatian dan pemenuhan akan hak anak harus terus dilakukan agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 38 total views

LEAVE A REPLY