Ribuan Ikan Mati Mendadak, Mengambang di Situ Rawa Besar Depok

0
141

www.depoktren.com–Warga digemparkan dengan banyaknya ikan yang mati mendadak dan mengambang di Situ Rawa Besar RW 013 Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok sejak Selasa (18/8/2020).

Ribuan ikan tawar yang mati mengambang dipermukaan Situ Rawa Besar juga menimbulkan bau busuk yang sangat menyegat, tentunya cukup menganggu kesehatan bagi warga yang tinggal disekitar Situ Rawa Besar Kampung Lio.

“Diperkirakan ribuan ikan mati mengambang. Kejadiannya sejak Selasa (18/8/2020) malam hingga Rabu (19/8/2020) ini. Warga banyak yang menggunakan serokan mengambil ikan yang masih hidup bermunculan dipermukaan air,” ujar Adi, warga RT 003/013, Rabu (19/8/2020).

Bahkan, lanjut Adi, kejadian tersebut menjadi tontonan warga yang tengah melintas. “Ini bukan kejadian yang pertama, beberapa tahun yang lalu juga pernah kejadian seperti ini, air rawa keruh tiba-tiba dan banyak ikan yang mati dan mengambang,” terangnya.

Menurut Adi, ikan yang mati didominasi jenis ikan mujair dan ikan nila. “Selain ikan ada juga binatang yang banyak bermunculan dan mati seperti kodok dan ular,” terangnya.

Lurah Depok Audi Wira Saputra yang datang langsung ke lokasi bersama Satpol PP Kota Depok, merasa prihatin dengan kondisi air Situ Rawa Besar Kampung Lio. Selain banyaknya ikan yang mati mengambang, bau busuk yang menyengat ini tentunya tidak baik untuk kesehatan.

“Sayameminta kepada warga yang tinggal disekitar Situ Rawa Besar Kampung Lio agar turut menjaga dan memelihara situ dengan tidak membuang sampah, apalagi limbah yang dialirkan langsung ke Situ Rawa Besar. Kami sudah meminta dinas terkait untuk mengecek dari sample air rawa, apakah ikan yang mati mendadak dari limbah yang beracun atau penyebab lainnya,” pungkasnya. (Raka/Papi Ipul)

 141 total views

LEAVE A REPLY