Wali Kota Depok Ajak Para Orang Tua Lindungi Anak dari Kekerasan

0
33

www.depoktren.com–Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak seluruh orang tua untuk senantiasa sigap melindungi anak-anaknya dari kekerasan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Sebab, keluarga merupakan benteng utama bagi anak dalam menjalani kehidupannya.

“Orang tua harus mengambil peran sebagai tempat aduan, meminta, penjagaan, dan pembelaan untuk anaknya. Karena keluarga merupakan benteng utama dibanding apapun itu,” ujar Idris saat memberikan sambutan di Konseling Edukasi Club (Kece) Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok melalui aplikasi Zoom, Selasa (25/8/2020).

Menurut Idris, secara nasional kasus kekerasan terhadap anak setiap tahunnya meningkat. Untuk itu, imbuhnya, salah satu langkah memutus mata rantai kasus kekerasan ada pada keluarga.

“Metode pengasuhan orang tua sangat berperan penting dalam membentuk jati diri seorang anak. Baik mental maupun intelektual atau kecerdasan. Ada tiga yang harus dibentuk pada diri anak, yakni mental berkaitan dengan psikologisnya. Lalu fisik dari segi asupan makanan, cara berolahraga dan lain-lain. Kemudian sisi intelektualnya atau kecerdasan berpikiri anak,” jelasnya.

Dia menambahkan, didiklah anak-anak seperti metodenya Ali bin Abi Thalib. Yaitu mendidik anak pada usia tujuh tahun pertama, kemudian diperketat kedisplinannya pada tujuh tahun kedua atau usia 8-14 tahun.

“Artinya ada cara dalam mendidik anak sesuai porsinya, terutama masa remaja anak adalah teman bagi orang tuanya. Saya berharap semua stakeholder yang mengikuti Webinar ini menjadi duta menyampaikan informasi pengetahuan dari narasumber ke masyarakat lainnya,” pungkas Idris. (Siska Thresia)

 33 total views

LEAVE A REPLY