Pemkot Depok akan Sediakan Air Bersih untuk 20 Tahun Mendatang

0
317

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang merencanakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dalam jangka waktu 20 tahun. Rencana tersebut guna menjamin ketersediaan air minum bagi masyarakat Kota Depok.

Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dody Setiawan mengatakan, dalam perencanaan SPAM harus disiapkan sumber air baku untuk ketersediaan. Kemudian jaringan pipa untuk mendistribusikan air ke masyarakat.

“Untuk itu, jika target pelayanan penyediaan air bersih ke masyarakat tercapai, kami sedang menghitung berapa jumlah air yang diperlukan untuk 20 tahun ke depan,” ujar Dody dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (1/9/2020).

Menurut Dody, pihaknya sudah meminta izin kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (B2WSCC) agar Kali Pesanggrahan dan Cikeas dapat digunakan menjadi sumber air baku baru bagi warga Kota Depok. Tidak hanya itu, sejumlah situ yang ada di Kota Depok juga sedang didata yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber air baku.

“Kami juga sedang mengkaji apakah diperlukan alternatif sumber air melalui bak penampungan air hujan,” pungkas Dody. (Siska Thresia)

 317 total views

LEAVE A REPLY