DKUM Depok Tingkatkan Kualitas Produk Kuliner Melalui Penyuluhan Keamanan Pangan

0
44

www.depoktren.com–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berkomitmen meningkatkan kualitas dan nilai jual produk usaha mikro. Salah satunya dengan Penyuluhan Kemanan Pangan (PKP) yang belum lama ini digelar di Gedung Balatkop, Sukmajaya, Kota Depok.

Kepala DKUM Depok, Mohammad Fitriawan menuturkan, PKP menyasar pelaku usaha yang bergerak di makanan cepat saji, seperti warung maupun katering. Dengan total peserta sebanyak 120 orang dan terbagi dalam empat kelas.

“Tujuan dari pelatihan ini, yaitu memberikan edukasi kepada pengusaha untuk memproduksi makanan yang aman, higienis, dan sehat,” ujar Fitriawan dalam siaran pers yang diterima depoktren.com, Kamis (3/9/2020).

Menurut Fitriawan, melalui pembinaan ini, mereka diharapkan memiliki satu pemahaman yang sama, yakni membuat makanan yang tidak hanya enak, tapi juga memperhatikan aspek kesehatan untuk dikonsumsi.

Pelatihan yang digelar selama empat hari tersebut menghadirkan berbagai materi yang menambah wawasan peserta. Seperti dari Dinas Kesehatan Kota Depok, terkait pedoman pemberian sertifikat produksi pangan IRT.

Ada juga terkait perundang-undangan industri rumah tangga (IRT) pangan, penerapan teknologi pengolahan pangan, serta mendesain kemasan dan label produk pangan. Dikatakannya, materi ini sendiri dari Badan Pengendalian Obat dan Makanan (BPOM), namun yang menjelaskan tetap dari Dinkes Kota Depok.

“Kami berharap, dengan pelatihan ini semua pihak menyadari pentingnya jaminan keamanan pangan. Karena itu merupakan hak asasi konsumen,” harap Fitriawan. (Siska Thresia)

 44 total views

LEAVE A REPLY