ICU Khusus Pasien Covid-19 di Depok Sudah Penuh

0
113

www.depoktren.com–Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan bahwa rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Depok sudah penuh untuk pasien bergejala berat.

Da rumah sakit utama rujukan Covid-19, yakni RSUD Kota Depok dan RS Universitas Indonesia (RSUI) juga telah mengumumkan bahwa ruang ICU dan HCU telah terisi penuh.

“Untuk pasien Covid-19 bergejala berat memang sudah terisi 100 persen. Itu yang ICU dan perlu oksigen segala macam,” ujar Idris, Senin (14/9/2020).

Dia menambahkan, tidak hanya 2 RS itu yang sudah penuh, tapi RS lainnya juga sudah penuh. “Kami hitung seluruh rumah sakit di Kota Depok, ada 9 RS rujukan semanya penuh. Untuk kapasitas pasien Covid-19 bergejala ringan terisi 63 persen, yang bergejala sedang terisi 81 persen,” ungkap Idris.

Menurut Idris, pihaknya tengah mencari jalan keluar untuk merujuk pasien positif Covid-19 bergejala berat di Depok karena krisis ICU dan HCU. “Ini akan kami siasati untuk nanti kami merujuk ke mana. Kami sedang konsultasi ke pemerintah pusat dan provinsi,” pungkasnya.

Kondisi ini gawat lantaran Kota Depok sedang mengalami lonjakan pesat jumlah pasien Covid-19 sejak awal Agustus 2020, dengan peningkatan di atas 200 persen.

“Dari peningkatan itu, ada tren bahwa pasien positif Covid-19 yang datang ke rumah sakit telah membutuhkan perawatan khusus,” tegas Idris.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Depok, Alif Noeriyanto Rahman menegaskan, memang terjadi tren peningkatan pasien positif Covid-19. “Ya betul, ada tren melonjaknya pasien Covid-19 di Kota Depok dengan gejala berat, sejak relaksasi PSBB,” tegasnya. (Hendra Agus)

 113 total views

LEAVE A REPLY