Pradi Siap Lobi Hotel di Depok Tampung Pasien Positif Covid-19

0
75

www.depoktren.com–Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna siap melobi sejumlah tempat penginapan dan hotel untuk menampung pasien positif Covid-19, khusus dengan gejala ringan.

Pradi prihatin karena melonjaknya pasien positif Covid-19 tak mampu di tampung rumah sakit (RS) rujukan di Kota Depok yang sudah terisi penuh.

“Tidak menutup kemungkinan kalau kita sewa tempat penginapan atau hotel. Itu harus dilakukan, karena kita masih ada dana cadangan. Saya rasa dalam aturan dari Pemerintah Pusat mengenai anggaran, sudah begitu longgar terkait dengan penggunaan dana untuk penanganan Covid-19,” ujar Pradi di Balai Kota Depok, Senin (21/9/2020).

Pradi menegaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan tim gugus tugas untuk menindaklanjuti usulan tersebut. “Untuk hotel bisa digunakan untuk pasien dengan gejala ringan, tinggal kita lihat sarana pendukungnya,” terangnya.

Menurut Pradi, selain fokus pada penyediaan tempat isolasi, pihaknya juga mengupayakan perhatian lebih pada pada korban positif Covid-19, terlebih bagi mereka yang menjadi tulang punggung keluarga.

“Kami akan upayakan dari sisi kebutuhan ekonomi para positif Covid-19, selama isolasi dan keluarganya akan dibantu,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, lonjakan pasien positif Covid-19, ketersedian ICU (Intensive Care Unit) dan HCU (High Care Unit) sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Depok sudah terisi penuh.

“Kita sudah berkoordiansi dengan beberapa rumah sakit yang ada di wilayah penyanggah. Untuk pasien yang butuh ICU dan HCU, kita sudah terintegrasi dengan wilayah lain, jadi kalau di Depok nggak ada bisa ke Bogor, Jakarta dan Bekasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain sedang mengupayakan ketersediaan HCU, pihaknya juga sedang membuka lowongan kerja untuk tenaga medis. “Ada beberapa rumah sakit yang HCU-nya ada tapi untuk opersionalnya kekurangan SDM. Penggunaan HCU harus dilakukan oleh tenaga ahli yang berkompeten. Nah sekarang kita lagi rekruitmen,” ungkap Novarita.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, untuk itu, pihaknya akan menambah tempat tidur untuk merawat pasien positif Covid 19 di RSUD Kota Depok. “Hampir seluruh RS rujukan sebagian besar juga sudah penuh untuk menampung pasien positif Covid-19 dengan ringan, apalalgi yang berat,” jelasnya.

Menurut Idris, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang berupaya mencari tempat penginapan atau hotel untuk menampung pasien Covid 19 dengan gejala ringan.

“Sayangnya, pihak pengelola penginapan dan hotel belum ada yang mau di sewa untuk isolasi pasien positif Covid-19 gejala ringan. Tapi kami sedang berusaha berkoordinasi dengan RS yang bukan rujukan untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan, seperti RS HGA dan Citra Medika,” tuturnya.

Lanjut, Idris, pihaknya juga akan meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar dicarikan tempat untuk pasien positif Covid-19 bergejala ringan dan tempat istirahat tenaga kesehatan. “Langkah tercepat dengan menambah tempat tidur di RSUD Kota Depok,” tegasnya.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGTPPC) Kota Depok pada Senin (21/9), terjadi penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 50 orang. Saat ini Total keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3.337 orang. (Papi Ipul)

 75 total views

LEAVE A REPLY