Fakultas Farmasi UI Donasikan 3.380 Liter Hand Sanitizer Batch untuk Fasyankes

0
22

www.depoktren.com–Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) yang didukung oleh PT Huntsman Indonesia mendonasikan sebanyak 3.380 liter kepada instansi maupun fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

“Donasi ini merupakan produksi batch pertama. Ke depannya, akan dilakukan pendistribusian donasi hand sanitizer kembali sebanyak lima batch,” ujar Dekan FFUI, Dr Mahdi Jufri dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (22/9).

Dia mengutarakan, penyerahan donasi hand sanitizer batch pertama secara simbolis diterima dari Direktur dari PT Hunstman Indonesia Andry K. Wicaksono.

“Kegiatan ini dapat berlangsung atas dukungan dan kolaborasi FFUI dengan pihak industri, yaitu PT Hunstman Indonesia.
Cakupan kerja sama antara FFUI dan PT Hunstman Indonesia meliputi donasi, izin produksi, serta produksi hand sanitizer yang dilakukan oleh PT Huntsman Indonesia, sementara FFUI membantu proses izin di Kementerian Kesehatan RI, melakukan uji kadar dan uji antimikroba produk, melakukan proses pengemasan, labelling sesuai aturan dari Kemenkes, serta melakukan pendistribusian. Kegiatan pengemasan juga dibantu oleh relawan mahasiswa dan alumni dari ILUNI UI,” jelas Mahdi.

Hand sanitizer ini didistribusikan ke Wisma Atlet sebanyak 500 liter, RSPAD Gatot Soebroto 500 liter, RS Pusat Otak Nasional 500 liter, RS Persahabatan 500 liter, RS Bunda 220 liter, Dinkes DKI Jakarta 500 liter, FKG UI dan RS Gigi dan Mulut 250 liter, Dinkes Depok 200 liter, Fakultas Ilmu Keperawatan UI 200 liter, RS Mintohardjo 200 liter, RS Marzoeki Mahdi Bogor 200 liter, RS TNI AL Ramelan Surabaya 200 liter, Universitas Pertahanan 100 liter, Puskesmas Pakuhaji Banten 50 liter, Fakultas Teknik UI 40 liter dan Puskesmas Sukamaju 20 liter. Sebelumnya, juga telah diserahkan donasi hand sanitizer kepada RSUD Depok, RSUD Pasar Rebo, dan RS Hermina Depok.

“Pembagian donasi akan dilakukan secara berkala sampai persediaan hand sanitizer yang diproduksi habis. Sebelumnya, PT Huntsman Indonesia telah berkomitmen untuk menyediakan 24 metrik ton atau setara dengan 24.000 liter larutan hand sanitizer dalam enam bulan ke depan,” terang Mahdi.

Lanjut Mahdi, pihaknya mengapresiasi dukungan PT Huntsman di dalam pengadaan hand sanitizer. Kolaborasi ini merupakan penerapan konsep triple helix, yaitu kolaborasi antara perguruan tinggi dengan pihak industri.

“Sejak langkanya hand sanitizer di pasaran, kami memproduksi hand sanitizer mandiri di laboratorium FFUI dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat dan rumah sakit/klinik. Namun, kami sering mengalami kendala karena terbatasnya bahan baku dan produksi dalam skala besar. Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan impact bagi masyarakat serta mendukung pemerintah mengatasi penanganan Covid-19,” pungkasnya. (Siska Thresia)

 22 total views

LEAVE A REPLY