Pembangunan IPAL Komunal Sasar Pondok Pesantren

0
43

www.depoktren.com–Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok sedang fokus membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di fasilitas pendidikan. Tahun ini yang menjadi sasaran yakni Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Kelurahan Cilangkap dan Ponpes Assalamah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kota Depok.

“Pengerjaan pembangunan masing-masing IPAL Komunal telah selesai 90 persen. Diperkirakan awal Desember ini sudah dapat dimanfaatkan semuanya,” ujar Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok, Sukanda di Balai Kota Depok, Selasa (6/10/2020).

Menurut Sukanda, pembangunan fasilitas tersebut untuk mengurangi aktivitas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Serta menekan angka penyebaran penyakit yang disebabkan karena air sumur terkontaminasi dengan limbah domestik. “Setelah dicek ke lapangan memang sangat diperlukan dua Ponpes ini untuk dibuatkan IPAL Komunal,” ucapnya.

Dia menambahkan, biaya pembangunan dua IPAL Komunal ini menggunakan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan nilai Rp 998.500.000. “Semoga pembangunannya selesai tepat waktu sehingga bisa segera dimanfaatkan,” pungkas Sukanda. (Papi Ipul)

 43 total views

LEAVE A REPLY