Dinkes Depok Perkuat Tim Surveilans Hingga Tingkat Kelurahan

0
21

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus melakukan langkah konkret demi menekan penyebaran virus Corona (Covid-19). Salah satunya dengan menambah tenaga surveilans, baik di tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan rekrutmen tenaga surveilans untuk di tingkat kecamatan. Kemudian, saat ini kembali dibuka untuk tenaga surveilans di 63 kelurahan. Adapun tenaga Surveilans tersebut akan membantu Tim Surveilans Kota dan seluruh Puskesmas Kota Depok dalam rangka percepatan upaya Tracing Covid-19 di masyarakat.

“Di tingkat kecamatan sudah mulai bekerja per 1 Oktober 2020. Sekarang akan kami perkuat dengan menambah kembali tenaga surveilans, satu orang per Kelurahan yang bertugas di Puskesmas,” ujar Novarita di Balai Kota Depok, Rabu (7/10/2020).

Dia menambahkan, tim surveilans akan melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya melakukan pendataan dan mendeteksi secara cepat dan dini dengan tes yang tepat. Selanjutnya, sesudah menemukan kasus maka surveilans berikutnya menelusuri dan mendeteksi kontak, melakukan analisis kontak, dan mengarahkan untuk dilakukan isolasi.

Kemudian, tim surveilans juga memonitor angka kematian lengkap dengan variabelnya. Antara lain umur, ada tidaknya penyakit lain, lokasi meninggal, dan kajian klinis mendalam sebab kematian. “Saat bertugas, tim surveilans juga akan memonitor dan menentukan kebijakan tentang dampak Covid-19 pada sistem layanan kesehatan,” jelasnya.

Dia berharap, dengan mengoptimalkan peran tim surveilans di tingkat kecamatan dan kelurahan dapat lebih meningkatkan upaya tracing. “Dengan maksud agar penyebaran Covid-19 dapat segera dihentikan,” harap Novarita. (Anandya Pradipta)

 21 total views

LEAVE A REPLY