KTT Virtual G-20 Kembali Diadakan pada 21 November

0
27

www.depoktren.com–Negara-negara kelompok G-20 akan kembali melakukan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) virtual pada 21-22 November. Peretemuan ini akan dipimpin oleh Arab Saudi yang menjadi ketua G-20 untuk periode 2019-2020.

“KTT para pemimpin negara-negara G-20 akan diselenggarakan, Insya Allah, secara virtual yang akan diikuti pula oleh sejumlah organisasi internasional dan regional,” ujar Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia dan ASEAN, Essam Bin Ahmed Bin Abed Al-Thaqafi, melalui siaran pers, Selasa (27/10/2020).

Essam menyatakan, KTT yang akan datang merupakan kesempatan bersama untuk mengembangkan kerja sama ke tingkat yang lebih prospektif. Langkah itu harus bisa menginvestasikannya kepada pemberdayaan umat manusia, membuka jalan bagi semua orang untuk menuju masa depan yang lebih baik, memberlakukan kebijakan ekonomi yang berkelanjutan untuk melindungi Bumi.

Sebelum pelaksanaan tersebut, Saudi telah melakukan serangkaian acara pertemuan dan konferensi. Seminar dan lokakarya antara pejabat dan para ahli di negara-negara kelompok G-20 yang dipimpin oleh Arab Saudi serta pertemuan tingkat menteri, pertemuan perwakilan pemerintah, serta pertemuan perwakilan masyarakat sipil lainnya pun telah terkasana.

Hanya saja, pencapaian dan upaya paling menonjol yang dilakukan oleh Arab Saudi selama masa jabatam sebagai ketua G-20, adalah penyelenggaraan 13 pertemuan virtual. Pertemuan ini dilakukan antara menteri dan pejabat dari sejumlah sektor di negara-negara kelompok G-20 tersebut.

Saudi pun sebelumnya telah menyelenggarakan KTT virtual para pemimpin negara-negara G-20 pada 26 Maret 2020. Pertemuan ini langkah Saudi mengkoordinasikan upaya-upaya di antara negara-negara G-20 dalam menghadapi pandemi virus korona.

Dalam pertemuan itu, turut serta para pemimpin anggota G-20, para pemimpin negara-negara yang diundang termasuk Spanyol, Yordania dan Singapura dan Federasi Swiss. Keterlibatan organisasi-organisasi internasional dan regional lainnya pun tidak lupa ikut dilibatkan.

“KTT tersebut membahas berbagai upaya untuk memajukan dan mengkoordinasikan upaya global dalam memerangi pandemi korona serta meminimalisir dampak kemanusiaan dan ekonominya,” ujar Essam. (Siska Thresia)

 27 total views

LEAVE A REPLY