DPRD Depok Kecam Buffer Zone Dijadikan Lapangan Bola untuk Kampaye Pilkada

0
289

www.depoktren.com–DPRD Kota Depok mengecam adanya kegiatan perataaan tanah di area buffer zone TPA Cilayung di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan untuk pembuatan lapangan sepakbola. Diduga hal tersebut dilakukan sebagai upaya kampanye ke masyarakat oleh tim sukses pasangan calon (paslon) Idris-Imam di Pilkada Depok 2020.

“Saya mendapat laporan masyarakat yang keberatan area buffer zone berubah fungsi menjadi lapangan sepakbola. Informasi dari masyarakat, hal tersebut dilakukan oleh tim sukses paslon Idris-Imam yang direstui RW setempat dan Lurah Pasir Putih,” ujar anggota DPRD Kota Depok, Edy Masturoh saat menghubungi depoktren.com, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Edy, perubahan fungsi tersebut ilegal karena Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membuat taman kota untuk ruang terbuka hijau (RTH) di area buffer zone seluas 7,9 hektare.

“Perubahan fungsi ini ilegal. Jadi, janganlah bohongin masyarakat hanya karena ingin menarik simpati sehingga mengorbankan fungsi penghijauan untuk seluruh warga Kota Depok,” tutur anggota Komis C DPRD Kota Depok ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Tajuddin Tabri juga mempersoalkan adanya perataan lahan buffer zone yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau untuk lapangan sepakbola, sebagai ‘jualan’ kampanye paslon Idris-Imam.

“Saya sudah cek ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati yang katanya tidak tahu ada aktivitas perataan tanah. Menurut bu Ety, itu ilegal dan akan segera mengecek ke lokasi,” terang Tajuddin.

Dia menegaskan, pihaknya sudah meninjau ke lokasi buffer zone dan memang ada aktivitas perataan tanah untuk dibuat lapangan sepakbola. “Saya minta aktivitas ini dihentikan dan janganlah aset negara ‘dijual’ untuk kampanye. Itu namanya pembohongan publik. Saya ingatkan ke RW setempat jangan merusak aset negara, itu ada pidananya,” tegas Tajuddin.

Buffer zone TPA sebagai daerah penyangga untuk mencegah agar bau sampah dari TPA Cipayung tidak menyebar ke wilayah lain dengan membangun taman hutan kota. (Papi Ipul/Rus)

 289 total views

LEAVE A REPLY