Debat Publik Kedua, Afifah Kritisi Pertumbuhan Pasar Modern di Depok

0
124

www.depoktren.com–Calon Wakil Wali Kota Depok dengan nomor urut satu, Afifah Alia mengkritisi pertumbuhan pasar modern yang tidak teratur yang mengancam pasar tradisional dan warung kelontong dalam Debat Publik yang disiarkan langsung Kompas TV pada Senin (30/11/2020) pukul 19.00 WIB-21.00 WIB.

“Pasar modern tidak boleh masuk hingga ke pelosok wilayah perkampungan. Hal tersebut guna melindungi pelaku usaha kecil, yakni pemilik warung-warung kelontongan yang berada di wilayah perkampungan,” ujar Afifah saat menjawab pernyataan lawan debatnya Imam Budi Hartono.

Menurut Afifah, pasar modern hanya boleh berada di jalan-jalan utama Kota Depok dan pasar modern tidak boleh masuk ke perkampungan dan komplek-komplek perumahan.

“Salah satu yang menjadi fokus utama Pradi-Afifah untuk masalah pertumbuhan ekonomi, termasuk dalam pengelolaan pasar modern dan pasar tradisional. Pasar modern seperti supermarket salah satu potensi ekonomi dan potensi tenaga kerja, akan tetapi pasar modern tidak boleh mematikan pasar tradisional. Solusinya, jika terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota Depok, kami akan membatasi perizinan pasar modern,” papar Afifah.

Untuk peningkatan ekonomi, lanjut Afifah, akan memfasilitasi warung-warung agar memiliki akses distributor pertama sehingga bisa mendapatkan harga yang paling murah. Dengan demikian, warung-warung kecil di Kota Depok bisa bersaing dengan pasar modern.

“Kami akan revitalisasi pasar-pasar tradisional untuk memiliki fasilitas modern sehingga bersih, nyaman, aman. Dengan harga sewa terjangkau untuk semua pelaku usaha dan mendirikan BUMD Pasar, sehingga pengelolaannya lebih profesional,” terangnya.

Ia juga menegaskan akan membuka akses jalan penghubung ke pasar-pasar tradisional, sehingga mudah diakses oleh warga dan penjual. “Tentu kami juga akan memfasilitasi sistem online untuk pelaku usaha kecil agar lebih profesional. Dan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan,” tukas Afifah. (Dan/Papi Ipul)

 125 total views

LEAVE A REPLY