Ridwan Kamil Prihatin Depok Banyak Situ yang Tak Dimanfaatkan

0
117

www.depoktren.com–Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil merasa prihatin dengan keberadaan banyak situ tapi tidak maksimal dimanfaatkan dan di rawat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Hal itu dikemukakan Emil saat berkantor di Balai Kota Depok, Rabu (2/12/2020).

“Ada lebih dari 20 situ ada di Kota Depok, namun sayang sekali banyak yang tak terawat dan tidak maksimal dimanfaatkan,” ujar Emil yang melakukan kunjungan Situ Rawa Besar sekaligus memberikan hibah perahu.

“Saya memberikan hibah perahu kepada warga di Situ Rawa Besar agar dapat dimanfaatkan untuk kegiatan wisata air, sehingga warga dapat juga menjaga keberadaan situ Rawa Besar,” terangnya.

Menurut Emil, alasan lain memberikan perahu diharapkan situ yang cukup banyak di Kota Depok dapat termanfaatkan secara maksimal untuk pariwisata lokal. “Nah mudah-mudahan warga di sekitar situ dapat memanfaatkan situ untuk kegiatan pariwisata. Pemanfaatan situ, Pemkot Depok dapat melibatkan masyarakat,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah menguncurkan anggaran dari Provinsi Jabar untuk revitalisasi situ Rawa Kalong. Kebanyakan situ itu kewenangan Pemerintah Pusat yakni Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC).

“Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan intervensi pemanfaatan dan perawatan. Itu semua soal kemauan dan komunikasi pemimpin daerah. Saya berharap Pemkot Depok untuk serius memanfaatkan dan merawat keberadaan situ-situ,” pungkas Emil. (Papi Ipul)

 116 total views

LEAVE A REPLY