Wali Kota Depok Paparkan Penerapan Aturan KTR Saat Pandemi di 5th APCAT Summit 2020

0
60

www.depoktren.com–Wali Kota Depok Mohammad Idris memaparkan penerapan aturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) selama pandemi Covid-19 di daerahnya. Paparan tersebut disampaikannya dalam acara 5th Asia Pasific Cities Aliance for Tobaco Control and NCDs Prevention (APCAT) The Asia Pacific Summit of Mayors secara virtual, Kamis (17/12).

Wali Kota Depok Mohammad Idris menjadi salah satu pimpinan daerah yang mendapatkan kesempatan bergabung dalam acara 5th APCAT bersama empat kepala daerah lainnya perwakilan dari Indonesia. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah kepala daerah di wilayah Asia Pasifik.

Dalam penjelasannya, Idris mengatakan, Kota Depok sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Ia juga menyampaikan aturan penerapan tujuh KTR di Kota Depok. “Selama pandemi Covid-19, penerapan dan pengawasan KTR tetap kami jalankan,” terangnya.

Menurut Idris, hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan pengawasan ke 375 lokasi terkait penerapan KTR dan 366 lokasi Tempat Penjualan atau Point of Sale (POS). Pengawasan dilakukan pada sejumlah tempat usaha, sarana umum, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan, perkantoran, dan area bermain anak.

Bagi yang melakukan pelanggaran diberikan teguran. Selanjutnya dilakukan pengawasan untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku selama pandemi Covid-19. “Pelanggar diingatkan untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. Jika terdapat iklan rokok akan kami turunkan. Sedangkan yang menampilkan display rokok diminta untuk menutupnya menggunakan tirai,” jelasnya. (Papi Ipul)

 61 total views

LEAVE A REPLY