Ini Pengakuan Kedubes Jerman Soal Diplomatnya Datangi Markas FPI

0
48

www.depoktren.com–Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman untuk Indonesia mengakui diplomatnya telah mendatangi markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Jakarta Pusat. Hal itu berdasarkan keterangan resmi Kedubes Jerman kepada Anadolu Agency, Ahad (20/12/2020).

Kedatangan diplomat Jerman pada Jumat, 18 Desember, menurut Kedubes Jerman, dilakukan untuk “mendapatkan gambaran tersendiri mengenai situasi keamanan yang bersangkutan karena demonstrasi juga dapat melintasi kawasan Kedutaan,” demikian keterangan Kedubes Jerman, menjawab surat elektronik dari Anadolu Agency.

Sebelumnya, disebutkan kedatangan diplomat Jerman ke markas FPI dilakukan pada Kamis, 17 Desember 2020.

“Kedutaan Besar Jerman menyesali kesan yang telah ditimbulkan peristiwa ini di mata publik serta mitra-mitra Indonesia kami. Kami menegaskan bahwa tidak ada tujuan politis apa pun di balik kunjungan tersebut,” tambah Kedutaan Jerman.

Kedutaan Jerman menegaskan “senantiasa menjalin komunikasi dengan otoritas Indonesia yang berwenang. Kami tetap teguh berada di sisi mitra-mitra Indonesia kami,” tambah pernyataan itu.

Disebutkan pula Kedubes Jerman telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Ahad, 20 Desember 2020.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Indonesia mendalami informasi seputar kedatangan diplomat Jerman ke markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan untuk menyampaikan belasungkawa dan pesan perdamaian.

“Sejauh ini kami masih menunggu keterangan dari Kedubes Jerman,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dalam pesan singkat kepada Anadolu Agency, Ahad (20/12/2020).

Pada Sabtu (19/12/2020) pengacara FPI Aziz Yanuar membenarkan perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman mendatangi kantor Sekretariat FPI di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kehadiran diplomat Kedubes Jerman itu untuk menyampaikan rasa duka mendalam atas tewasnya enam laskar di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat.

“Mereka menyampaikan rasa simpati dan empati buat FPI dan Imam Besar Habib Rizieq Shihab,” ujar Aziz kepada Anadolu Agency pada Sabtu.

Kedatangan utusan pemerintah Jerman, kata Aziz, juga dalam rangka silaturahmi dengan pengurus FPI dan menyampaikan pesan perdamaian.

“Mereka ingin tahu FPI secara langsung,” kata Aziz yang juga pengacara Muhammad Rizieq Shihab.

Pertemuan antara FPI dan perwakilan otoritas Jerman itu berlangsung sekitar 30 menit. Meski berlangsung singkat, pihak Kedubes Jerman, terang Aziz, berniat kembali melakukan pertemuan dengan FPI..“Mereka berjanji akan mengunjungi DPP FPI kembali,” ucap Aziz. (Mastete)

 48 total views

LEAVE A REPLY