Depok Punya 33 Kader Pendamping ODHA Tersebar di 11 Kecamatan

0
28

www.depoktren.com–Kota Depok kini memiliki 33 kader pendamping orang HIV/AIDS (ODHA) yang tersebar di 11 kecamatan dengan tiga kader di setiap kecamatan.

“Saat ini kami punya 33 kader, satu kecamatan terdapat tiga kader yang memberikan pendampingan kepada ODHA di wilayahnya,” ujar Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok, Khaerudin, Kamis (24/12/2020).

Menurut Khaerudin, tugas para kader adalah mengingatkan kepada ODHA untuk selalu rutin mengkonsumsi obat. Selain itu juga mengantarkan ODHA ke Puskesmas untuk memperoleh obat yang dikonsumsi.

“Kader pendamping ini setiap harinya juga terus menjalin komunikasi dengan ODHA. Tentunya untuk memantau perkembangan kesehatannya. Kader ODHA di setiap kecamatan harus terus memberikan motivasi agar ODHA tidak terpuruk. Juga tetap menjalankan aktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Sementara salah satu Kader Pendamping ODHA Kecamatan Pancoran Mas, Lili Shalihat menambahkan, dengan adanya kader ODHA disetiap kecamatan, tentunya akan lebih mempermudah dan berkoordinasi setiap kader dalam pendampingan pasiennya.

“Kader ODHA merupakan kerja ikhlas tanpa terbebani sesuatu. Suatu kebahagian bagi kader, apabila pasien yang didampingi sembuh dari penyakit ketergantungannya dan dapat bersosialisasi kembali ketengah-tengah masyarakat menjalani segala aktifitas,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 28 total views

LEAVE A REPLY