XL Axiata Uji Coba Jaringan 5G di Depok

0
66

www.depoktren.com–XL Axiata melaksanakan uji coba Dynamic Spectrum Sharing (DDS), inovasi teknologi pemanfaatan spektrum layanan 4G dan 5G.

Director and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, DDS dapat menentukan alokasi 4G dan 5G sesuai jumlah pelanggan dan pengajuan.

“Kami menggelar uji coba ada di tiga site di Depok, bekerja sama dengan Ericsson,” ujar Gede dikutip dari Warta Ekonomi, Kamis (24/12/2020).

Secara detail, uji coba itu berjalan di area Pondok China, UI Depok, RS Bunda Margonda, serta relokasi Kampus UI. Uji coba itu berlangsung di spektrum 1.800MHz dan 2.100MHz, mempertimbangkan beberapa perangkat 5G yang saat ini tersedia di pasar, layaknya Samsung Galaxy S20 dan seri iPhone 12.

Saat ini, uji coba berada di tahap optimasi dan evaluasi performa. Hasilnya, kecepatan 5G di wilayah tersebut mencapai 176-180Mbps. Namun, menurut Gede, “Capaiannya belum dioptimalisasi, misalnya dengan adanya penambahan kapasitas serta penyesuaian performa,” terangnya.

Gede menambahkan, 5G akan memungkinkan seluruh operator meningkatkan kapasitas lebih besar dengan spektrum yang sama. Bahkan, latensi jaringan pun akan sangat rendah. (Siska Thresia)

 59 total views

LEAVE A REPLY