Air Putih Dapat Bantu Turunkan Berat Badan, Setidaknya Lewat 5 Cara

0
168

www.depoktren.com–Banyak orang yang mungkin sudah mengetahui bahwa minum air putih dapat membantu upaya penurunan berat badan. Akan tetapi, sebagian orang mungkin belum mengetahui bagaimana cara air putih membantu proses tersebut.

Berdasarkan beragam studi, air putih dapat membantu penurunan berat badan setidaknya lewat lima cara. Berikut ini adalah kelima cara tersebut, seperti dilansir Insider, Jumat (1/1/2021).

Memberi Rasa Lebih Kenyang

Minum air putih sebelum makan dapat membantu seseorang untuk makan lebih sedikit. Cara ini dapat menjadi metode yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Studi pada 2018 juga telah mengobservasi hal ini. Berdasarkan studi tersebut, partisipan yang minum air putih sebelum makan cenderung menyantap maknana lebih sedikit dibandingkan partisipan yang makan tanpa didahului minum air putih terlebih dahulu.

Kecenderungan ini mungkin dipengaruhi oleh bentuk air putih yang mudah masuk dan mengisi lambung dengan cepat. Selain itu, minum air juga bisa menghilangkan rasa lapar yang muncul karena otak salah mengartikan rasa haus karena dehidrasi sebagai rasa lapar.

Membantu Membakar Lemak

Tubuh secara alami alami membakar lemak dan mengubahnya jadi energi. Dalam proses yang dikenal sebagai lipolisis ini, air memegang peranan penting.

Tahap perama dari lipolisis adalah hidrolisis. Hidrolisis merupakan proses di mana tubuh menambahkan air ke lemak untuk bisa memecahnya. Berdasarkan studi pada 2016, peningkatan asupan air putih turut meningkatkan proses lipolisis ini. Hal ini turut berdampak pada meningkatnya metabolisme yang diyakini dapat membantu proses penurunan berat badan.

Menstimulasi Metabolisme

Beberapa studi menunjukkan bahwa minum air putih dingin dapat meningkatkan metabolisme. Alasannya, tubuh akan membutuhkan upaya yang lebih besar untuk menghangatkan suhu air putih dingin. Proses yang dikenal sebagai thermogenesis ini akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

Studi pada 2013 mengungkapkan bahwa minum 500 ml air putih dingin 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam dapat membantu penuruan berat badan. Pada para partisipan, penurnan berat badan tetap terjadi meski mereka tidak melakukan perubahan gaya hidup atau pola makan.

Bantu Keluarkan “Sampah”

Konsumsi air putih penting dalam proses pembuangan “sampah” di dalam tubuh. Kurang asupan air putih dapat memicu terjadinya sembelit atau konstipasi. Kotoran yang banyak menumpuk di dalam tubuh dapat memunculkan keluhan kembung, tubuh terasa berat, dan bahkan kenaikan berat badan.

Turunkan Asupan Kalori

Minuman bergula seperti soda memiliki kalori yang tinggi. Mengganti kebiasaan minum soda dengan minum air putih yang memiliki 0 kalori tentu dapat menurunkan asupan kalori secara signifikan.

Hal ini telah dibuktikan dalam studi pada 2015. Dalam studi ini, perempuan-perempuan obesitas diminta untuk mengganti semua minuman bergula yang kerap mereka minum dengan air putih. Setelah 24 minggu, mereka berhasil menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan partisipan yang minum minuman manis berlabel diet. (Anandya Pradipta)

 162 total views

LEAVE A REPLY