Kali dan Situ di Depok Dinormalisasi

0
40

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus melakukan normalisasi terhadap situ dan kali agar fungsi penyerapan air bisa lebih maksimal sehingga tidak terjadi luapan ketika hujan yang mengakibatkan banjir.

“Untuk normalisasi kami gunakan alat berat di empat titik, seperti di Kali Grogol, Saluran Irigasi Kelurahan Curug dan dua titik berada di Situ Pengarengan,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok, Denny Setiawan, di Balai Kota Depok, Jumat (8/1/2021).

Ia menambahkan, alat berat yang digunakan untuk normalisasi berupa dua Ampibi, Spider Mini dan Truxor. Selain empat lokasi tersebut, satuan tugas (Satgas) juga menyebar di titik lainnya, namun tidak menggunakan alat berat. “Satgas melakukan normalisasi di 11 titik lainnya. Biasanya pekerjaan yang dilakukan yakni pengangkatan sampah dan normalisasi saluran inlet ataupun outlet,” terangnya.

Ia berharap, upaya tersebut bisa mengambalikan fungsi situ dan saluran irigasi sebagai penampungan dan aliran air. “Mudah-mudahan fungsi situ dan saluran irigasi kembali normal, sehingga antisipasi yang dilakukan ini bisa bermanfaat, terlebih di musim penghujan,” pungkas Denny. (Papi Ipul)

 40 total views

LEAVE A REPLY