DKPPP Depok Tetap Jalankan Program Penyuluhan ke Kelompok Tani

0
36

www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok tetap melakukan penyuluhan masyarakat dan kelompok tani, peternak serta pembudidaya ikan. Tujuannya, untuk menjaga ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, sektor yang paling terdampak di awal pandemi Covid- 19 adalah budidaya ikan hias dan pertanian (tanaman hias). Namun, seiring berjalannya waktu, minat masyarakat akan dua komoditi tersebut meningkat drastis.

“Banyak warga yang bekerja di rumah justru penjualan tanaman dan ikan hiasnya meningkat, sampai para petani juga harus cepat melakukan budidaya kembali karena pemesanannya banyak,” ujar Diah di Balai Kota Depok, Selasa (12/1/2021).

Menurut Diah, pendampingan penyuluhan dilakukan berdasarkan assessment dari penyuluh langsung ke lapangan. “Dengan pemenuhan kelayakan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa komitmen masyarakat yang berminat dalam pertanian dan kelayakan Sumber Daya Alam (SDA) yaitu lingkungan dan pencahayaan dari sinar matahari,” jelasnya.

Dia menambahkan, penyuluhan tidak diberikan kepada orang per orang karena keterbatasan jumlah penyuluh. Melainkan, minimal usulan pendampingan dilakukan per Rukun Tetangga (RT) dan yang mengikuti penyuluhan adalah perwakilan dari warga RT tersebut.

“Di awal dilakukan secara langsung karena diperlukan praktek langsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga jumlah pesertanya terbatas. Diharapkan mereka selanjutnya dapat menjadi leader buat masyarakat yang lainnya,” tutur Diah.

Lanjut Diah, adapun materi yang diberikan berupa terkait teknologi pertanian yang sederhana dengan media tanah sampai hidroponik yang memanfaatkan barang bekas sebagai media tanam hingga penggunaan teknologi pertanian yang lebih tinggi.

“Bisa mulai menanam dengan menggunakan barang bekas sebagai wadahnya, seperti bekas gelas air mineral sampai media yang lebih meningkat,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 39 total views

LEAVE A REPLY