PMI Depok Imbau Warga Donor Darah sebelum Divaksin

0
46

www.dwpoktren.com–PMI Kota Depok mengimbau warga untuk melakukan donor darah sebelum divaksin, sebab ada masa jeda seseorang tidak boleh diambil darah setelah vaksinasi.

“Terhitung, enam minggu setelah seseorang divaksin pertama, mereka tidak boleh mendonorkan darah untuk menghidari reaksi tubuh,” ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani di kantor PMI Kota Depok, Rabu (20/1/2021).

Menurut Widya, vaksin terbuat dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan dan membuat tubuh seseorang mengenal dengan penyakit tersebut, lalu kebal melawan penyakit. Untuk itu, dikhawatirkan ada reaksi tubuh yang muncul. “Sangat kami hindari mengambil darah setelah divaksin. Seseorang boleh mendonorkan darah ketika tubuh mereka sehat,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini stok darah di PMI Kota Depok kian menipis karena banyaknya permintaan dari rumah sakit. Golongan darah tersisa A tujuh labu, B sembilan labu, AB tiga labu dan O 10 labu. “Ayo donor darah sebelum vaksin. Donor darah merupakan bukti cinta untuk sesama,” terang Widya. (Papi Ipul)

 56 total views

LEAVE A REPLY